Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Punya Mini MPV

Kompas.com - 09/12/2010, 17:26 WIB

GENEVA, KOMPAS.com — Ford Eropa punya mini MPV yang konsepnya akan dipajang pada Geneva Auto Show, Maret 2011. Minivan ini mulai dipasarkan di Eropa pada 2012 yang akan diproduksi di pabrik Craiova, Romania, akhir 2011. Demikian informasi yang dibocorkan juru bicara Ford Eropa yang tak mau disebutkan namanya, seperti dilansir situs automotivenews, Kamis (9/12/2010).

Ford menggambarkan, produk yang masuk segmen B ini akan menggunakan platform segmen tersebut (di Indonesia, ini adalah hatchback) dengan sebutan B-Max. Kabarnya, Ford juga akan melepas model lain di Eropa dengan bentuk yang lebih besar, yakni C-Max (medium) dan S-Max (besar).

B-Max dikategorikan sebagai mini MPV 5-penumpang dengan pintu geser untuk bagian penumpang belakang. Kendaraan ini akan bersaing dengan Opel atau Vauxhall Meriva yang terlebih dahulu hadir di pasar.

Untuk memproduksi B-Max, Ford sudah mempersiapkan dengan membeli fasilitas Craiova dari Pemerintah Romania sejak Maret 2008. Sebelumnya, pada 2007, pabrik ini memproduksi Daewoo dan mempunyai kapasitas produksi 300.000 unit, plus 300.000 mesin dengan nilai investasi awal 675 juta euro.

Target produksi B-Max 150.000 unit per tahun dan akan ditambah lagi pada tahun-tahun berikutnya, yang 80 persennya akan diekspor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com