Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Sepeda Motor Pastikan Peringkat 1 Tahun Ini!

Kompas.com - 06/12/2010, 08:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Persaingan dua merek sepeda motor yang menguasai pasar Indonesia—Honda dan Yamaha—kini sudah bisa dipastikan akan dimenangkan oleh Honda. Kesimpulan dibuat berdasarkan data yang diperoleh Kompas.com bahwa Honda telah berhasil memperoleh penjualan domestik 3.200.533 unit selama sebelas bulan pertama tahun ini. Adapun penjualan Yamaha 3.078.272 unit.

Dengan hitungan tahun yang hanya tinggal bulan ini, perbedaan penjualan mereka sekitar 200.000 unit. Dengan angka yang cukup besar tersebut, kecil sekali kesempatan bagi Yamaha untuk bisa melangkahi Honda. Pada tahun ini, Yamaha beberapa kali sempat unggul dari Honda, yaitu Januari, Februari, April, dan Juni. Sisanya, Honda lebih sering unggul.

Dyonisius Beti, Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) beberapa waktu lalu mengatakan, tujuan utama Yamaha di Indonesia tidak semata-mata mengejar volume pasar. "Kapasitas produksi kami masih jauh dari pimpinan pasar (Honda). Tujuannya adalah kepuasan pelanggan. Dengan stratergi seperti itu, pangsa pasar akan datang dengan sendirinya," ungkap Dyon.

Sementara itu, Johannes Loman, Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), berkomentar, "Persaingan justru membuat perusahaan jauh lebih sehat. Jangan seolah-olah ada yang mengadu. Kami sama-sama membesarkan pasar sepeda motor domestik Indonesia."

November: Turun
Sementara itu, penjualan domestik empat merek teratas (Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki) pada November melemah 6 persen, dari 698.385 unit pada bulan sebelumnya, menjadi 652.966 unit. Komposisinya: Honda 306.113 unit, Yamaha 295.731, Suzuki 43.271 unit, dan Kawasaki 7.851 unit.

Adapun penjualan dua merek anggota AISI, TVS dan Kanzen, masih di bawah 1 persen. Penurunan penjualan, menurut Paulus Sugih Firmanto selaku General Manager Promotion and Motorsport YMKI, terjadi karena pasca-Lebaran dan cuaca. "Cuaca yang tidak baik mempengaruhi panen dan mempengaruhi di daerah," imbuhnya.

Penjualan  November 2010 (unit)
Honda        :  306.113
Yamaha     :   295.731
Suzuki        :    43.271
Kawasaki  :       7.851
Total         :   652.966

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com