Kamis, 24 Juli 2014

Otomotif


All-New Jupiter MX Makin Mantap

Penulis: Zulkifli BJ | Selasa, 23 November 2010 | 09:26 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : KOMPAS.com/Agung Kurniawan

    Mencoba Yamaha All-New Jupiter MX

  • Sumber : - | Author : KOMPAS.com/Zulkifli BJ

    Posisi setang lebih ergonomis, panel instrumen dan kunci kontak baru. Lebih gaya!

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) meluncurkan secara resmi produk terbarunya All-New Jupiter MX di  akhir pekan ini, KOMPAS.com berkesempatan menjajal lebih dahulu. Tanpa basa-basi, langsung saja bebek strata tertinggi Yamaha itu ditunggangi.

Tenaga
Saat kunci kontak dengan desain baru diputar (start engine), daya tarik Jupiter MX ini langsung terdengar dari deru suara yang dikeluarkan  knalpot, lembut namun mantap dan bulat. Sambil menarik tuas kopling, lantas menekan tuas transmisi ke depan ( gigi 1), memutar grip gas, sepeda motor ini langsung bergerak halus.   

Ketika grip gas diputar lebih kencang, tarikan terasa responsif dan bertenaga. Tali gas MX yang dibuat ganda menambah respons (gas) spontan seperti sepeda motor balap. Sayang, medan yang disiapkan untuk first ride kali ini terbilang minim, hanya lahan parkiran berbentuk oval dengan panjang sekitar 600-meteran sehingga performa maksimal belum dirasakan.

Tapi  tenaga mesin pada gigi  1-2-3 bisa dirasakan. Pada gigi  tersebut,  tarikan MX ini mantap! Kecepatan maksimum pada tes hanya  hanya 60 km per jam saja.  Maklum, tidak ada tempat lurus.

Sempat dicoba  gigi 4,  tenaga langsung drop. Pihak Yamaha mengakui untuk gigi 4 dan 5 memang kurang.  

Urutan gigi MX baru ini seperti layaknya motor sport yakni 1-N-2-3-4-5.  Dengan dipindhakannnya tuas kopling ke kiri, pengoperasian  jadi sangat ringan dan  halus. Jempol untuk hal ini! Ternyata, perindahan ke setiap gigi juga berlangsung dengan mudah!

Setang Ergonomis
Untuk memberikan rasa nyaman bagi pengendara,  posisi kemudi MX  diubah, lebih menekuk ke dalam, seperti kebanyakan sepeda motor balap. Hasilnya, beberapa kali berputar dengan sepeda motor ini untuk pengambilan foto, tidak dirasakan capek.

Sempat pula dicoba berboncengan.  Suspensi depan dan belakang, untuk pengendaraan dan boncengan terasa nyaman. Padahal, total muatan  mencapai 180 kg. Saat   melaju, sempat digoyang-goyang secara vertikal  beberapa kali untuk menguji suspensi. Ternyata, suspensi memang  oke!

Rem juga makin mantap saat dioperasikan. Bisa dimaklumi karena depan belakang  cakram yang dioperasikan secara hidraulik.

Ukuran pelek dan belakang MX ini lebih lebar  dari pedahulunya. Kini digunanakn ban 100/70. Alhasilnya, stabil membelok dan mantap saat berakselerasi.  Melihat rongga pada sepatbor belakang, ukuran ban bisa saja dimakismalkan lagi. "Sepertinya masih muat kalau sampai 120/70," ujar Indra Dwi Sunda, Manager Promosi YMKI saat mencoba sepeda motor ini  kemarin.

Sebagai sepeda motor sport – apalagi suspensi monocross di belakang -  jangan berharap banyak untuk penyimpanan baru, seperti bebek lainnnya (suspensi belakang dengan peredam kejut ganda). Ruang yang adanya sedikit. Lebih tepatnya,  Yamaha All-New MX adalah buat bikers bebek sport sejati!

Kesan setelah kencan pertama:
♦  
Pengoperasian kopling yang halus
♦ 
Perpindahan gigi yang mulus
♦ 
Posisi setang yang ergonmis
♦ 
Suspensi yang nyaman
♦ 
Suara mesin  lebih halus
♦  Pengendalian lebih mantap  (karena ban belakang lebih lebar)


Editor : Zulkifli BJ