Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cadillac Escalade Paling Mudah Disatron Maling

Kompas.com - 16/11/2010, 12:24 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - SUV mewah, Cadillac Escalade, merupakan kendaraan paling diincar pencuri di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu disimpulkan dari klaim pemilik SUV ini yang mengasuransikan kendaraannya kepada perusahaan asuransi. Data tersebut kemudian dirilis oleh Highway Loss Data Institute dan dilansir oleh New York Times, 5 November lalu.

Dijelaskan, klaim rata-rata pemilik mencapai 10,8 dari 1.000 unit Escalade yang diasuransikan. Pencurian dimulai dari pelek yang dikrom, sistem navigasi dan komponen lainnya sampai seluruh mobil hilang. Angka tersebut lima kali lebih tinggi dari klaim rata-rata pencurian mobil lainnya.

Escalade merupakan salah satu kendaraan yang dibawa langsung oleh rombongan Presiden Barack Obama ketika berkunjung ke Indonesia minggu lalu. SUV digunakan oleh pengawalnya, sedangkan Presiden Obama menggunakan limosin Cadillac khusus.

Bukan Seleb
Dijelaskan pula, tingginya tingkat pencurian pada Escalade bukan karena banyak dimiliki kaum seleb. Masalahnya, setelah 2006, GM tidak lagi memasang kunci setir. GM hanya mengandalkan peranti elektronik moderen dan canggih, yaitu immobilizer anti-maling. Nyatanya, malah dalam 14 detik SUV seharga 76.000 dolar AS (Rp 680 juta) ini bisa hilang.

Kendati mesin tidak bisa dihidupkan, maling menggunakan modus, menaikkan SUV ini ke truk khusus atau digendong (trailier dengan dek rata) yang sudah mereka siapkan. Cara lain, SUV didorong dari belakang dengan pikap, seorang pencuri mengendalikan setir mobil yang dicuri.

Satu demo yang dibuat oleh stasiun televisi Detroit, WXYZ memperlihatkan maling cuma butuh 14 detik memboyong SUV besar ini. Pada video diperlihatkan pencuri memecahkan kaca samping dan masuk ke dalamnya. Selanjutnya, Escalade yang diparkir dipinggir jalan didorong dengan truk pikap dari belakang. Tepatnya, SUV tersebut dijalankan tanpa menghidupkan mesin.

Kunci Setir
Menurut para ahli dari National Insurance Crime Bureau, kunci setir termasuk sebagai alat yang membuat pengemudi susah melakukan pencurian mobil. Sedangkan immobilizer elektronik - yang banyak digunakan mobil canggih sekarang – hanya sebagai pertahanan lapisan ketiga.

Walt Herndon, Kepala Operasi di Herndon & Associates, di Michigan yang menyelidiki pencurian mobil mengatakan, beberapa produsen mobil menghilangkan kunci setir ketika memperkenalkan anti-maling elektronik. “Ini bukan hanya dilakukan oleh GM, juga produsen mobil lain,” jelasnya.

Kini dikabarkan GM telah mengambil langkah membuat Escalade lebih aman dari inceran maling. Caranya kembali memasang kunci setir pada model yang dipasang tahun ini. Malah untuk versi 2011, pintu samping menggunakan kaca laminasi yang membuat pencuri kesulitan masuk ke dalam mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com