Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Kasih Fitur-fitur Cerdas untuk Mobil

Kompas.com - 21/10/2010, 10:30 WIB

AMERIKA, KOMPAS.com — Perusahaan raksasa peranti lunak di Amerika, Microsoft, melakukan ekspansi ke dunia otomotif. Mereka baru saja mengumumkan Windows Embedded Automotive 7 (WEA7). Suatu program yang didesain untuk mendukung pengembangan sistem informasi dan hiburan.

Jadi, dengan WEA7 itu bisa memilih pabrikan mobil. Fitur-fitur utamanya antara lain perintah lisan (speech commands), input sentuhan, hands-free bluetooth dari telepon seluler, serta dasbor canggih untuk akses ke musik, peta, navigasi, dan banyak lagi.

Yang menarik adalah fitur perintah lisan. Sistem ini sangat sederhana tanpa menggunakan tangan untuk melakukan komunikasi dengan pihak luar. Jadi, cukup melalui suara bisa juga membalas SMS. Hebatnya, Microsoft menyediakan delapan bahasa percakapan pada WEA7, yakni Amerika-Inggris, Inggris-Inggris, Jerman, Spanyol-Meksiko, Kontinental-Spanyol, Perancis-Kanada, Kontinental-Perancis, dan Korea.

Selain itu, Microsoft juga menyampaikan bahwa pada 2011 bersama Nissan LEAF akan dilengkapi layar sentuh untuk informasi dengan sumber dari teknologi Windows Embedded Automotive. Di antaranya berisi navigasi, lokasi untuk mengisi baterai, dan monitor pemakaian bahan bakar.

"Microsoft sangat memahami bahwa kolaborasi teknologi sangat penting untuk suatu evolusi yang terpadu, terutama dalam sistem informasi dan hiburan di kendaraan," ujar Kevin Dallas, General Manager Windows Embedded Business Unit di Microsoft. Kami, lanjutnya, sangat senang bisa menciptakan peluang baru dengan WEA7 bekerja sama dengan ekosistem bersama mitra untuk membawa solusi yang terbaik untuk informasi dan hiburan serta produktivitas buat pengemudi dan penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com