Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Industri Otomotif Lampaui Target

Kompas.com - 13/10/2010, 10:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertumbuhan industri otomotif nasional pada tahun ini diperkirakan akan melebihi target awal yang dicanangkan pemerintah. Semula, Kementerian Perindustrian atau Kemenperin selaku pembina industri nasional hanya mematok target 4 persen. Namun, target kemudian dinaikkan menjadi 8 sampai 9 persen hingga akhir tahun.

Mengacu data terbaru dari Kemenperin, pertumbuhan sektor industri alat angkut, mesin, dan peralatannya (termasuk otomotif) pada triwulan kedua tahun ini melesat mencapai 11,27 persen melebihi ekspektasi. Direktur Jenderal Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kemenperin Budi Darmadi mengatakan, pertumbuhan sektor industri yang padat modal dan teknologi bisa melejit agresif karena kental unsur inovasi.

"Sampai pertengahan tahun (2010), pertumbuhan sudah dua kali lipat dari target, tapi biasanya melandai pada akhir tahun. Sepertinya bisa 8 sampai 9 persen. Pokoknya di atas pertumbuhan perekonomian nasional (6 persen)," ujar Budi di Kantor Pusat Kemenperin di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, kemarin.

Dengan kinerja ini, sektor alat angkut, mesin, dan peralatannya berhasil menjadi penyumbang terbesar dalam pertumbuhan industri nasional. Adapun pertumbuhan industri nasional sampai kuartal pertama tahun ini tercatat 4,3 persen.

Wakil Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto menambahkan, situasi pertumbuhan industri tecermin dari pasar otomotif yang terjadi sekarang ini. Mengacu data Gaikindo, sepanjang Januari-September 2010, total penjualan mobil wholesales nasional sudah mencapai 556.189 unit atau naik 65 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang berada pada angka 337.598 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com