Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tur 5.500 km untuk Pembuktian Chevrolet Volt

Kompas.com - 30/09/2010, 11:26 WIB

DETROIT, KOMPAS.com - Untuk membuktikan kehebatan Chevrolet Volt yang kini menjadi “icon” atau simbol reformasi General Motors (GM), mulai 9 Oktober mendatang mobil ini akan diuji kemampuannya melakukan perjalan 3.400 mil atau 5.500 km tanpa harus mencolokkan sistem pengisiannya ke stop kontak rumah atau hotel. Karena itu pula, event ini diberi tajuk oleh GM dengan tajuk “Volt Unplugged”.

Event yang berlangsung sebulan lebih ini (berakhir 20 November di Chicago), terdiri dari irin-iringan Chevrolet Volt (tidak disebutkan jumlahnya). Tujuannya, selain promosi, juga untuk membutkikan kehebatan teknologi Volt sebagai mobil listrik dengan konsep “extended”. Atau mobil listrik yang dilengkapi dengan sistem pengisian sendiri. Tepatnya, dilengkapi mesin bensin kecil untuk mengaktifkan generator yang bertugas  mengisi baterai. Konsep ini disebut juga  hibrida seri.

Publik Test Drive Cukup menarik, karena baru dijual mulai akhir tahun ini dan jumlahnya sangat terbatas, Chevrolet memberikan kesempatan kepada publik untuk mencobanya langsung. Bahkan para insinyur, desainer dan orang yang berada di belakang Chevrolet disertakan pada rombongan ini agar bisan berinterakasi langsung dengan publik di setiap tempat berhenti.

“The Volt Unpalugged tur juga memberikan orang kesempatan setiap duduk di belakang setir Volt dan bisa mengetehui kelebihan khusus mobil inni,” kata Tonny DiSalle, Direktur Produk dan Pemasaran Volt. “Acara ini untuk mendemontrasikan kemampuan Volt, sebagai kendaraan lisrik yang bisa digunakan menempuh jarak jauh di bawah kondisi mengemudi dan cuaca yang berubah-ubah tanpa harus berhenti untuk mengisi baterai.”

Dengan baterai dan tangki bensin berisi penuh, Volt bisa digunakan untuk melakukan perjalan beratus-ratus kilometer. Hal tersebut diperoleh karena Volt adalah mobil listrik yang dirancang untuk perjalanan jarak jauh. Untuk itu, kendati mobil digerakkan oleh motor listrik, namun baterai selalu diisi oleh generator yang menjadi bagian dari mobil.

Volt menggunakan baterai lithium-ion 16kWh yang bisa untuk menempuh jarak 40 – 56 km (sekali isi penuh) dan kemampuan dientukan oleh kondisi jalan, teknik mengemudi, suhu dan umur baterai. Ketika energi kurang tenaga, motor bensin akan langsung hidup, sehingga generator berfungsi dan mengisi baterai.

Di Amerika Serikat, mobil inni dijual seharga US $41.000 atau setelah mendapatkan insentif pajak, konsumen hanya membayar US $33.500 dolar atau Rp302 juta!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com