Jumat, 31 Oktober 2014

Otomotif


VW Bangun Pabrik Mesin Baru di Meksiko

Penulis: Agung Kurniawan | Jumat, 24 September 2010 | 07:52 WIB
|
Share:
Sumber : - | Author : tirekick.com

Pabrik VW di Meksiko

GUANAJUATO, KOMPAS.com — Volkswagen AG (VW) mengumumkan akan mulai membangun pabrik mesin bensin dengan investasi 550 juta dollar AS atau Rp 4,9 triliun di kawasan tengah Meksiko, Guanajuato, negara bagian Puebla, Oktober mendatang. Pabrik akan beroperasi pada 2013 dengan kapasitas produksi 330.000 mesin per tahun.

Lahan 12.533 meter persegi berada dalam kawasan industri Puerto Interior, dekat pabrik truk General Motors. Di kawasan ini juga terdapat kluster dua lusin lebih produsen komponen otomotif.

Ini adalah pabrik kedua VW di negara tersebut. Pabrik pertama di negara bagian Puebla. Perluasan pabrik ini merupakan strategi VW untuk mengantisipasi pertumbuhan pasar di Amerika Utara.

Pengumuman investasi baru ini dipimpin langsung oleh Presiden Meksiko Felipe Calderón Hinojosa; President of the Executive Board of Volkswagen, Meksiko, Otto Lindner; dan Juan Manuel Oliva Ramírez selaku Gubernur Negara Bagian Guanajuato.

Pabrik ini membuka 700 lapangan kerja baru. Mesin yang dproduksi akan dikirim ke pusat perakitan VW di Puebla, sekitar 120 km sebelah tenggara Mexico City, yang merakit Jetta, Golf, SportWagen, dan New Beetle. Pabrik ini juga mulai memproduksi New Beetle sejak Agustus lalu dan akan berlanjut dengan model baru pada 2012.

Mesin yang dibuat di sini juga dikirim ke pabrik baru yang sedang dibangun di Chattanooga, Tennessee, Amerika Serikat. Di sana mereka akan merakit sedan ukuran menengah pada tahun depan.

VW mengaku memilih Puebla karena kecakapan sumber daya manusia, pasar otomotif mobil yang terus berkembang di Amerika Utara, dan sistem jalur distribusi atau transportasi yang sangat baik terkait adanya jalur rel kereta api.


Editor : Zulkifli BJ