Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Naik Meja Operasi

Rossi Bakal Absen di Dua Seri Terakhir

Kompas.com - 20/09/2010, 16:16 WIB

ARAGON, Kompas.com - Valentino Rossi sedang mempertimbangkan untuk absen di dua seri pamungkas MotoGP 2010 di Portugal dan Spanyol. "The Doctor" ingin naik meja operasi, untuk penyembuhan cedera bahu, yang telah menyiksanya hampir sepanjang tahun ini.

Sebenarnya, Rossi juga mengalami cedera patah tulang kering kaki kanan pada bulan Juni lalu. Meskipun demikian, cedera parah yang memaksanya tidak bisa tampil di empat seri, tidak terlalu menimbulkan masalah sejak dia bisa kembali ke lintasan balapan.

Peraih sembilan gelar juara dunia balap motor ini justru merasa sangat terganggu dengan kondisi bahunya, yang cedera akibat jatuh saat latihan Motocross bulan April lalu. Pebalap Italia ini mengatakan, rasa sakit pada bahunya sangat mengganggu, dan imbas terbesarnya terlihat pada hasil GP Aragon, Minggu (19/9/10), di mana dia finis keenam.

Rossi mengakui, dia belum mau mengambil keputusan tentang operasi itu, sampai setelah tiga seri ke depan. Tetapi dia sedang mempertimbangkan untuk tidak tampil di Estoril (31 Oktober) dan Valenci (7 November), karena ingin melakukan operasi.

"Saya pikir kami harus berusaha untuk membalap pada tiga seri ke depan," ujar Rossi. "Sayang, kami harus menghadapi Motegi (3 Oktober), yang mana merupakan trek terburuk untuk bahu saya ini," tambahnya.

"Tetapi setelah di Australia (17 Oktober) dan Sepang (10 Oktober) di mana kami berusaha tampil, terutama karena saya membalap di Sepang dengan motor ketika saya fit, sehingga menarik untuk memahami (efek cedera), dan setelah Australia dan Sepang kami akan menemukan sebuah keputusan.

"Saat ini, kami hanya memutuskan untuk tampil di tiga seri ke depan, dan setelah itu kami akan membuat keputusan tentang dua seri terakhir."

Rossi mengakui, performa buruk Yamaha di Aragon juga menjadi sebuah faktor penampilannya pada akhir pekan kemarin. Tak heran, rekan setimnya di Fiat Yamaha, yang juga kandidat terkuat juara dunia 2010, Jorge Lorenzo, gagal naik podium dan harus puas di peringkat empat. Ini juga menjadi cerita sedih pertama Yamaha sepanjang MotoGP 2010, di mana mereka gagal menempatkan satu pebalapnya di podium.

Meskipun demikian, Rossi, yang musim depan sudah memperkuat tim Ducati, menegaskan bahwa kondisi bahunya menjadi penghalang utama.

"Di trek ini, setiap orang mengalami banyak persoalan dengan M1, juga Jorge," ujar Rossi. "Tetapi bagi saya, itu (bahu) menjadi masalah utama karena saya tidak bisa membalap sesuai dengan keinginan, dan kami membuat penyetelan yang membuat saya tidak terlalu merasa sakit, dibandingkan dengan untuk penampilan terbaik."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com