Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPV Wuling Hong Guang Dibanderol Rp 60-Rp 90 Juta

Kompas.com - 15/09/2010, 13:03 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com — Inilah produk terbaru dari tiga perusahaan mobil di China yang berkolaborasi, yaitu SAIC-GM-Wuling, namanya Wuling Hong Guang. Dianggap sebagai kendaraan bisnis dan keluarga kompak pertama asli buatan China.

Kendati demikian, wujudnya adalah minivan (MPV). Cukup menarik, di China, Hong Guang yang mulai dipasarkan awal minggu ini—terdiri dari 9 varian—ditawarkan dengan harga mulai dari 44.800 yuan (Rp 60 juta) sampai 60.800 yuan (Rp 82 juta). Menarik bukan! Ya, itulah untungnya bila mobil dirancang dan dirakit di negara sendiri. Banyak biaya yang dipangkas dan mengurangi beban konsumen.

"Hong Guang menjawab kebutuhan kendaraan kecil dan ekonomis untuk bisnis dan keluarga yang terus berkembang di China," kata Kevin Wale, President & Managing Director GM China Group, tentang produk baru ini.

8-penumpang Desain eksterior Hong Guang di depan berupa huruf "U" ganda, yang didominasi gril berbentuk air terjun tiga dimensi berlapis krom. Gambaran mobil ini berukuran kompak dapat dilihat dari dimensinya, panjang 4.305 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.780 mm dengan jarak sumbu roda 2.780 mm. Sama dengan ukuran sedan menengah dan bisa membawa 8 penumpang.

Untuk mengenjot Hong Guang, Wuling menyediakan dua pilihan mesin P-TEC, 1,2 liter yang menghasilkan tenaga 52,1 kW, 1,4 liter yang menghasilkan 75 kW @ 6.000 rpm, dan torsi 131 Nm @ 4.200 rpm. Juga ada mesin 1,6 liter yang memungkinkan MPV ini dikebut 150 km/jam dengan konsumsi bahan bakar 7,4 liter/100 km atau 13,5 km/liter.

Hong Guang juga dilengkapi dengan ABS, EBD, kantung pengaman ganda (airbag), sabuk pengaman yang menarik secara otomatis, lampu rem atas tipe LED, radar mundur, kaca belakang anti-embun, wiper belakang, kunci pengaman pintu untuk anak-anak, kunci otomatis, dan remot dengan sistem anti-maling yang melacak mobil secara otomatis.

#1 China AIC-GM-Wuling berbasis di Liuzhou, Guangxi Zhuang sebelumnya membuat minitruk Wuling dan minivan dan mobil mini Chevrolet Le Chi. Proporsi saham pada perusahaan patungan ini: GM China 34,0 persen, SAIC 50,1 persen, dan Wuling Motors 15,9 persen.

Penjualan Wuling di China tahun lalu mencapai 1.061.213 unit, yang menjadi produsen mobil China yang berhasil menjual di atas satu juta dalam setahun. Lengkapnya, Wuling menjadi produsen mobil nomor satu China selama empat tahun berturut-turut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com