Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Predikat Mobil Termurah Nano Hilang

Kompas.com - 26/08/2010, 13:01 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com - Tata Motors (TM) harus mencopot predikat sebagai mobil termurah yang diraih melalui Tata Nano yang dijual Rp23.000.000. Karena, produsen berencana menaikkan lagi harga jual kendaraan minim fitur ini lantaran dipicu dua hal.

Pertama, TM harus mengeluarkan anggaran baru untuk keperluan promosi yang dilakukan dalam bentuk iklan televisi. Dengan strategi ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan di pasar lokal India. Kedua, naiknnya harga material.

Menang, belum ada pernyataan resmi terkait yang terakhir ini. Tapi, seorang sumber yang mengetahui telah membocorkan ke media. "Sangat lumrah, lonjakan nominal terjadi karena menanjaknya harga material mentah kendaraan," ujar sumber, Rabu (25/8/2010).

Bahkan, beban ongkos produksi juga sudah menekan perusahaan sejak Maret tahun ini. Kala itu, terjadi kenaikan harga komoditas dan logistik. Tapi, Tata belum melakukan penyesuaian harga untuk menyeimbangkan neraca perusahaan.

Sebenarnya, predikat Nano sebagai mobil termurah di dunia sudah berhasil digeser oleh produsen asal China Geely dengan produknya IG (Intelligent Geely) awal tahun 2010 dengan harga 2,250 dollar AS (Rp 21 juta). Sebagai pembanding, Tata Nano baru saja mengumumkan kenaikan harga 4 persen Juli lalu dari semula dibanderol Rp 23 juta, naik menjadi Rp 23.920.000. Nah, sepertinya predikat mobil termurah makin pudar di Nano.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com