Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renault DeZir, Kupe Listrik dengan Gairah Cinta

Kompas.com - 24/08/2010, 13:38 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Kendati Paris Motor Show 2010 masih lebih dari sebulan lagi (2-17 Oktober), sejak awal Juli lalu, Renault telah gencar memublikasikan salah satu mobil konsep yang akan dipamerkannya, yaitu DeZir. Melihat sosok mobil ini, orang akan langsung bergumam, ”Wah! Hebat!”

Ya, itulah khas Perancis yang selalu menampilkan desain futuristik, seperti mobil science fiction.

Banyak pengamat menilai penampilan DeZir sangat futuristik. Daya tarik lainnya, ramah terhadap lingkungan. Pasalnya, sumber penggeraknya hanya mengandalkan energi listrik. Menurut Renault, kupe dua pintu ini dirancang dengan asas semangat dan harmonisasi.

Pelek 21” Ciri futuristik DeZir diperlihatkan dengan desain rumah roda untuk pelek dan ban 21 inci. Selanjutnya, dijelaskan pula oleh Laurens van den Acker, bos di bagian desain Renault, DeZir menggunakan baterai lithium-ion, 24 kWh. Sekali isi, bisa untuk menempuh jarak 160 km. Ya, seperti yang sudah dilakukan aliansi Renault, Nissan, pada Leaf.

Pengisian baterai bisa dilakukan melalui soket di rumah dalam waktu 8 jam. Ingin mengisi lebih cepat? Gunakan sistem pengisian 400 volt. Dalam 20 menit, baterai akan terisi sampai 80 persen.

Emosional Dijelaskan pula, DeZir merupakan ilustrasi komitmen Renault untuk menampilkan mobil yang mampu membangkitkan emosional. Menurut perancang eksterior DeZir, Yann Jarsalles, garis-garis sensual eksterior dan warna merah mengekspresikan kegairahan. Konsepnya, Drive The Change!

Konsep lainnya bertujuan membangun ikatan emosi yang akrab tetapi berjalan secara pelan antara Renault dan penggunanya. Karena itu, diharapkan DeZir akan membentuk gambar perjalanan kehidupaan manusia, misalnya ketika jatuh cinta, mengeksploitasi dunia, mendirikan keluarga, mulai bekerja, bermain, dan menjaga kearifan. Tiga kata kunci yang disampaikan Renault pada mobil ini, yaitu kesederhanaan, sensual, dan kehangatan.

Merah putih Ditambahkan, kupe dua pintu ini dirancang dengan semangat dan harmonisasi. Karena itu pula, desain interior juga memperlihatkan suasana keceriaan. “Cinta adalah sentimen yang mengangkat harkat Anda, memberi Anda sayap,” kata Stéphane Maïore, yang bertugas memimpin desain interior DeZir.

“Di dalam DeZir Anda merasakan terbang di awan,” tambah Stéphanie Petit, perancang warna dan material. Bentuk lembut dan terang. Kendati interior didominasi putih, tetapi tetap memancarkan gairah dan keceriaan dengan kombinasi merah.

Jok model satu bagian dirancang seperti kepompong yang mampu memberikan kenyamanan. Untuk memberikan sensasi gairah dan keceriaan, disatukan sejumlah elemen yang saling mengikat pada lapisan interior yang dibuat dari kulit putih.

Motor listrik dipasang di bagian tengah belakang untuk mengoptimalkan distribusi bobot di roda depan dan belakang. Baterai 24 kWh dipasang vertikal di belakang jok. Bobot dijaga serendah mungkin dengan membuat bodi dari Kevlar.

Selanjutnya, rangka dibuat dari pipa baja, seperti yang digunakan pada mobil balap Megane Trophy. Hal yang sama dilakukan pada suspensi, double wishbone untuk memperoleh standar pengendalian yang presisi. Pokoknya, DeZir akan menjadi simbol Renault terkini!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com