Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehadiran Stratos Order dari Jerman

Kompas.com - 17/08/2010, 12:05 WIB

ITALIA, KOMPAS.COM - Minggu lalu, Kompas.com sudah menayangkan Lancia Stratos yang ketangkap paparazi sedang melakukan uji coba di trek tes Bolloco. Kala itu, semua informasi masih sangat minim sekali. Sekarang, mobil legenda Italia di ajang reli dunia itu tampaknya Stratos siap diperkenalkan kepada publik.

Stratos generasi baru yang bentuknya hampir tak beda dengan versi reli era 1970-an itu dirancang oleh Jason Castriota. Ia telah bekerja di rumah perancang Pininfarina dalam dua tahun terakhir.

Uniknya, proyek ini justru datangnya bukan dari pabrikan Lancia langsung. Melainkan order dari Michael Stoschek, CEO Brose KG, pemasok komponen pada salah satu prinsipal mobil Jerman. Konon mobil konsep ini akan diproduksi terbatas.

Lantas seperti apa spesifikasinya? Mesinnya berkapasita 4,3L V8 dengan tenaga 503 PS, sama dengan mesin Ferrari F430 Scuderia. Bodi menggunakan bahan serat karbon, sehingga bobotnya 1.240kg, lebih ringan 108 kg dari Scuderia.

Sedan sport dua pintu ini sedang dijajal oleh mantan pebalap F1 Tiago Monteiro. Berapa kecepatan maksimum dicapai atau akselerasi, masih dirahasiakan. Tapi angka maksimum yang tertera pada spidometer 360 km/jam.

Rencananya, Stratos ini akan mejeng pada pameran Paris Auto Show. Setelah itu, Stoschek mintan pada Pininfarina untuk memproduksi 20 unit dulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com