Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Motors Persiapkan Nano CNG

Kompas.com - 09/08/2010, 10:20 WIB

PUNE, KOMPAS.COM - Produsen mobil termurah di dunia, Tata Motors dari India mengembangkan mobil dengan menggunakan bahan bakar gas. Sebelum memamerkan Nano listrik pertama di Geneva Auto Show tahun depan, tampaknya TM lebih dulu meluncurkan kendaraan berbahan bakar CNG (Compressed Natural Gas).

Ikhwal ini terhembus ketika TM kedapatan sedang menguji Tata mengenakan sticker CNG, seperti dilansir rushlane.com. Uji coba dilakukan di daerah Pune dan kabarnya menjadi langkah terakhir sebelum produksi massal. Selain bahan bakar alternatif, Tata juga dikabarkan tengah mengembangkan mesin diesel baru berkapasitas 800cc dengan teknologi common rail direct Injection (CRDI) dari produsen Jerman Bosch.

Belum ada keterangan resmi berkaitan dengan pengembangan mobil CNG. Tapi, alasan utamanya, tak lain karena makin besarnya pasar mobil berbasis CNG di India. Bahkan, Maruti Suzuki akan meluncurkan lima model mobil berbahan bakar gas pada Agustus ini.

Mungkin Tata tak mau ketinggalan atau dikalahkan di negerinya sendiri. Meski total penjualan mobil domestik India masih didominasi Maruti-Suzuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com