Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audi A8 Masuk Tahun Depan, A1 Nanti Dulu

Kompas.com - 31/07/2010, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum juga berakhir 2010, PT Garuda Mataram Motors (GMM) sudah mulai ancang-ancang buat tahun depan. ATPM mobil Audi ini berencana memasukkan A8 awal 2011. Sedan mewah itu bakal berkompetisi dengan BMW Seri 7 dan Mercedes-Benz S-Class yang sudah lebih dahulu masuk ke pasar nasional. A8 di negara asalnya, Jerman, baru diproduksi September 2010.

"Sudah banyak yang menanyakan. Memang kami sudah punya rencana, mudah-mudahan bisa masuk awal tahun depan," ujar Imelda Muhidin, Genaral Manager GMM di IIMS, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (30/7).

Dari data yang diperoleh Kompas.com, Audi A8 akan dibekali mesin 4,2L FSI V8, yang mempunyai tenaga 372 PS. Meski tenaga besar, mesin terbaru ini mampu mengurangi konsumsi bahan bakar sampai 15 persen.

Selain itu, fitur terbaru lainnya adalah kemampuan konektivitas internet tingkat tinggi yang bisa terkoneksi dengan berbagai piranti elektronik. Bahkan Audi mengklaim, A8 merupakan mobil pertama di dunia yang menawarkan hotspot atau wireless LAN (WLAN) bawaan pabrik untuk mengakses internet.

"Untuk harga belum ada informasi. Yang pasti, segmen pasar ini sangat niche dan terbatas jumlahnya," kata Imelda.

Pihak prinsipal juga tengah mempersiapkan hatchback Audi pertama di dunia A1. Produk ini sengaja di ciptakan pabrikan untuk mendongkrak penjualan global merek berlambang empat cincin simetris itu. Tapi, sepertinya GMM selaku ATPM masih mengurungkan niatnya memasarkan model ini di Indonesia.

"Kalau untuk A1 kami belum punya rencana dan masih fokus memperkuat citra premium di Indonesia," beber Imelda.

Sementara itu, selama delapan hari pameran di IIMS (30/7), Audi berhasil melego sebanyak 23 unit. Jika diurai, domiasi penjualan diperoleh dari model Q5 2,0L yang terjual 5 unit, A4 1,8 L (5 unit), A5 2,0 L (5), Q7 3,0 L (3) dan A6 3,0L (1).

Jatah GMM untuk model ultrapremium R8 V10 yang dibanderol Rp 5,3 miliar sebanyak dua unit telah dibeli konsumen. Namun, kehadiran unit harus menunggu sampai tahun depan sampai tersedia unitnya.

Imelda menyatakan, sampai hari keenam pameran, GMM telah melampaui total penjualan di IIMS 2009 yang hanya 15 unit. Dia meyakini, target penjualan 30 unit dapat dicapai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com