Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Terberat 301 Km Dilibas Tanpa Kendala

Kompas.com - 25/07/2010, 09:33 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sebelum mengakhiri turing "Smart Journey Revolution" di Bali, rombongan menghadapi trek terberat. Pasalnya, rute dari Kota Pahlawan menuju Banyuwangi berjarak 301 km. Tepat pukul 11.00, setelah sebelumnya city touring, iring-iringan Honda Revo Techno AT meninggalkan Surabaya.

Baru setengah jam perjalanan langsung tiba di daerah bencana lumpur Lapindo, Porong, Sidoarjo. Kondisi jalan yang super padat membuat perjalanan harus merambat. Suasana pemukiman Desa Porong yang mencekam karena sebagian besar rumah ditinggalkan penghuninya sempat menciutkan nyali bikers.

Permukaan jalan yang rusak, hembusan debu pekat dan teriknya sinar matahari mencapai suhu 32 derajat celsius sempat menyudutkan bikers sampai harus menepi untuk beristirahat sejenak.

"Miris melihatnya, kasihan mereka kehilangan lingkungannya cuma dalam waktu singkat," ujar Andi, salah satu bikers dari Honda Revo Club Jakarta.

Setelah berjibaku dengan kemacetan, lagi-lagi mengandalkan kawalan dua motor besar Polda Metro, perjalanan kembali dilanjutkan. Titik pemberhentian pertama akhirnya dicapai di SPBU Cangkringmalang, masih di kawasan Sidoardjo.

Rintangan awal bukan masalah bagi bikers yang segera memusatkan konsentrasi. Panjangnya jarak tempuh yang harus diselesaikan memaksa Revo techno harus dipacu rata-rata 80 km per jam.

Rombongan bahkan harus menunda makan siang sampai pukul 14.35 WIB di Rumah Makan Tongas Asri, Probolinggo. Setelah melepas lelah hampir satu jam perjalanan kembali bergulir. Rute selanjutnya Probolinggo-Besuki dengan jarak 72 km.

Kondisi aspal yang rata, tiupan angin pesisir semilir ikut meningkatkan semangat bikers. Setelah melalui daerah Probolinggo, pemandangan menjadi lebih indah. Bangunan megah Pembangkit Tenaga Listrik milik Perusahaan Listrik Negara di Kecamatan Paiton juga sempat memakukan pandangan bikers.

"Asyik banget jalurnya. Jadi mau diulang lagi. Memang lebih enak touring itu jalanya nggak terlalu pelan, jadi nggak cepet bosan," ujar Deddy dari Honda Supra X 125 Community.

Melewati Desa Krakasan, rombongan kembali beristirahat di SPBU Bantu Glugur, Sitobondo pukul 16:25 WIB selama 15 menit. Di daerah Pasir Putih, bikers kembali memutar selongsong gas lebih dalam untuk menguji kecepatan. Suasana perjalanan makin cantik ditemani pemandangan sunset yang berangsur tenggelam di sisi pantai. Masuk ke dalam Kota, menyempatkan diri mampir ke Dealer Honda, PT Jaya Terang Motor di Jalan Basuki Rahmad.

Setelah Magrib, rombongan kembali bertolak ke Banyuwangi dengan sisa jarak tempuh 96 km lagi. Jam menunjukkan pukul 19:10 WIB dan suasana langit bertambah gelap, melihat bensin yang kembali tiris pengisian dilakukan di Kabupaten Banyuwangi. Sebelum beristirahat, iring-iringan sempat diarahkan ke Taman Blambangan masuk ke dalam Kota untuk menyaksikan peluncuran skutik Honda bergaya Retro Modern, Scoopy.

Perjalanan panjang kali ini benar-benar menguras tenaga bikers. Tapi, Revo Techno AT tak mengalami masalah apapun, melibas jalur terpanjang. Sejak awal perjalanan dari Jakarta, Smart Revolution Journey sudah menempuh jarak 1.158 km. Etape terakhir akan menempuh Banyuwangi-Denpasar berjarak 144 km dengan estimasi waktu tiba 14.30 WITA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com