Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FT-EV II Maskot Toyota di IIMS 2010

Kompas.com - 08/07/2010, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sampai pekan kedua Juli 2010, PT Toyota Astra Motor belum mau membicarakan produk-produk apa yang akan di pamerkan di Indonesia International Motor Show atau IIMS. Padahal, perhelatan akbar otomotif di Tanah Air itu sudah dekat.

Kompas.com dapat bocoran, salah satu maskot yang akan mejeng di IIMS adalah mobil konsep listrik FT-EV II yang pernah menjadi primadona Toyota di ajang Tokyo Motor Show (TMS) tahun lalu.

"Pokoknya serba hybrid dan listrik. Produk juga pernah dipajang di Tokyo Motor Show kemarin," ujar sumber PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Kompas.com, kemarin.

FT-EV II merupakan mobil konsep yang dibekali teknologi baterai baru. Desain radikal mencerminkan city car listrik masa depan. Kendaraan ini penyempurnaan dari model evolusioner sebelumnya, FT-EV concept, yang nongkrong di Detroit Auto Show tahun lalu.

Bentuknya mungil, bahkan dimesinya lebih kecil dari micro-car Toyota iQ (mobil empat penumpang terkecil di dunia) yang pernah dipajang di IIMS 2009. Untuk mengakomodasi penumpang, Toyota menawarkan komposisi tiga orang dewasa plus satu anak. Jika tak terpakai, maka kursi anak juga bisa dilipat jadi tempat barang.

Motor listrik yang dibekali TMC mampu menempuh kecepatan maksimum 100 km/jam dengan kemampuan jelajah hingga 90 km. Tenaga disalurkan melalui baterai baru dengan kemampuan menyimpan energi 10 kali lipat lebih besar dari baterai Li-ion pada umumnya. Berat dan dimensinya pun lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com