Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siapkan MPV Baru Pesaing Duo Avanza-Xenia

Kompas.com - 21/06/2010, 07:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Melemahnya penjualan Suzuki dalam beberapa tahun belakangan ini membuat pihak manajemen perlu melakukan terobosan baru. Diam-diam ternyata Suzuki tengah mempersiapkan produk baru untuk bersaing dengan produk terlaris saat ini, yaitu Avanza-Xenia.

Yoshiji Terada, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), mengatakan, ada rencana meluncurkan multi purpose vehicle (MPV) baru. "Harga yang kami inginkan di bawah Rp 150 juta per unit. Bisa bersaing dengan yang ada," ujarnya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Kabarnya model tersebut akan menggunakan platform dari Suzuki Konsep R3 yang dipamerkan pertama kali di India, awal tahun ini. Saat ditanyakan tentang hal ini, Terada tidak memberikan jawaban pasti dan hanya mengangguk-angguk.

Rencananya, prototipe ini bakal masuk ke Indonesia untuk pertama kali dan dipamerkan di International Indonesia Motor Show 2010, akhir Juli mendatang.

100 juta dollar AS Untuk realisasi produk ini, lanjut Terada, diperlukan investasi sedikitnya 100 juta dollar AS. Saat ini perencanaan masih dilakukan di Jepang dan belum ada keputusan final.

Jika proyek tersebut jadi bergulir, SIM berencana menambah kapasitas produksi pabriknya di Tambun, Bekasi, yang saat ini hanya 100.000 unit per tahun nantinya akan menjadi dua kali lipat, 200.000 unit per tahun.

"Dana 100 juta dollar AS itu cuma untuk persiapan produk, belum termasuk penambahan kapasitas produksi. Kalau itu pasti, investasi akan bertambah lagi," tutur Terada.

Tahun ini, Suzuki menargetkan penjualan akan mampu menembus 70.000 unit. Sementara pada 2011 diharapkan bisa menyentuh angka maksimum kapasitas produksi 100.000 unit.

"Ada dua opsi. Jika penambahan kapasitas produksi jadi dilakukan, pertama harus membangun pabrik baru atau menggeser fasilitas perakitan sepeda motor. Semua itu masih kemungkinan dan belum putus. Tergantung instruksi prinsipal nantinya," tambah Terada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com