Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edan! "Streetfighter" Berlengan Ayun dan Garpu Tunggal

Kompas.com - 28/05/2010, 19:29 WIB

KOMPAS.com - Modifikasi motor dengan lengan ayun tunggal, bukan sesuatu yang istimewa. Tapi, karya tangan terampil Handoko terbilang unik dan - boleh jadi - agak langka. Honda Tiger 2008 diubah jadi kombinasi taste Eropa yang banyak dibumbui gaya futuristik moge Amerika.

Yang sangat menonjol, lengan ayun dan garpu, sama-sama tunggal. Di sini sang builder dari rumah modifikasi BJM, Semarang, Jawa Tengah ingin mengumbar kreasi desain sendiri.

"Memang, ada yang diilhami beberapa karya Amrik. Tapi, saya coba terapkan dan bikin sendiri desainnya, untuk diaplikasi ke Tiger ini," papar Han Han, panggilan karib Handoko.

Seperti kaki-kaki, dipilih pelek 5 inci yang dikreasi sendiri. Karena pakai ban gandot, jadi alasan dirinya merancang lengan ayun tunggal depan dan belakang. Untuk sok depan diakali model tunggal. "Kalau pakai dobel sok perlu segitiga yang ukurannya besar," urai Han Han.

Gaya futuristik bodi dibangun dari pelat galvanis setebal 0,8 mm. yang menjadi daya tarik kalau dilihat dari samping. Lampu depan kecil yang menjulur dengan setang menyudut ke dalam, mirip tanduk kerbau.

Sementara desain tanduknya justru ada di bawah mesin. Mesin dilindungi dengan rangka tambahan yang menjadi ciri khas streetfighter. Throttle gas dibikin inner throttle. "Selain rapi juga menghadirkan kesan beda,"bangga Handoko. (Chuenk)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com