Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
GP Perancis

Cedera Bikin Rossi Belum Nyaman

Kompas.com - 21/05/2010, 23:39 WIB

LE MANS, Kompas.com - Valentino Rossi tampil mengesankan pada latihan bebas pertama GP Perancis. Dalam ujicoba di Sirkuit Le Mans, Jumat (21/5/10), "The Doctor" menjadi nomor satu setelah mencatat waktu 1 menit 34,402 detik, mengungguli dua rival beratnya, Casey Stoner (Ducati) dan rekan setimnya di Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo, yang berturut-turut di urutan dua dan tiga.

Meskipun demikian, Rossi merasa tidak nyaman dengan kondisi fisiknya. Adalah cedera pada bahu akibat jatuh saat latihan motocross, yang membuat pebalap Italia ini mengaku tidak bisa tampil dengan santai dalam latihan bebas tersebut.

Karena itu, juara tujuh kali kelas premier tersebut berharap, cederanya sudah bisa pulih saat balapan hari Minggu (23/5/10) nanti.

"Dalam latihan hari ini saya merasa sangat sakit di bahuku," ungkap Rossi. "Pada dua atau tiga turunan pada area pengereman, terasa sangat sakit. Saya berharap semoga lebih baik, tetapi saya benar- benar berharap bisa 100 persen sekarang.

"Saya bisa mengangkat tangan ke sini (sejajar bahu), tetapi masih terasa sakit. Di Jerez, persoalannya berbeda dengan sekarang karena sakitnya saat mengerem."

Namun mengenai motor, Rossi merasa sudah bagus. Persoalan yang dihadapi pada GP Spanyol tiga pekan lalu sudah bisa diatasi tim, sehingga di Le Mans ini dia bisa mengalahkan kecepatan dan keliaran Ducati milik Stoner.

"Saya sangat senang dengan hasil latihan hari ini, khususnya mengenai catatan waktu, di mana saya sangat cepat," jelas pebalap kelahiran Urbino, Italia.

"Selama latihan setelah Jerez, kami semakin lebih baik lagi memahami persoalan dan banyak melakukan perbaikan pada pengesetan. Ini bagus.

"Secara historis, motor kami memang cepat di sini. Karena itu, kami berharap akhir pekan ini semuanya berjalan dengan bagus."

Hal senada juga diungkapkan Lorenzo. Pebalap Spanyol yang saat ini memimpin klasemen sementara, mengaku senang karena sudah menemukan kecepatan yang bagus, meskipun pada awalnya dia mengalami sedikit kendala.

"Pada awal sesi latihan ini, kami mendapatkan persoalan kecil pada motor karena gangguan elektronik. Tetapi kami menggantinya dengan motor lain, dan semuanya mulai berjalan dengan baik," ungkap mantan juara dunia dua kali kelas 250cc tersebut.

"Sedikit demi sedikit saya menemukan kecepatan yang bagus dan pada akhirnya, saya bisa menyelesaikan banyak lap. Motorku terasa bagus di sini--seperti yang orang katakan, trek ini selalu bagus untuk Yamaha--dan meskipun kami masih kesulitan dalam hal kecepatan, saya merasa bagus," tambah Lorenzo, yang menjadi juara di Jerez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com