Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Ketahanan 5.000 Km atau 60 Jam Non-Stop, Titan Sukses

Kompas.com - 18/05/2010, 08:51 WIB

SENTUL, KOMPAS.com — Rekor ketahanan MURI dipecahkan lagi oleh produk Suzuki. Bila pada Juni 2006 Smash 110 menciptakan rekor uji ketahanan 50 jam non-stop dengan jarak tempuh 4.226 km, maka semalam Suzuki menciptakan catatan baru dengan start pukul 08.00, Sabtu 15 Mei 2010 dan finis pukul 20.20, Senin (17/5/2010) dengan menciptakan catatan baru.

Hasilnya, tiga Titan 115 yang ditunggangi 18 pebalap Suzuki dari berbagai daerah selama tiga hari (bergantian setiap jam) mencatatkan jarak tempuh 5.070 km atau digenjot 60 jam 20 menit non-stop. Non-stop di sini berarti mesin tidak pernah dimatikan. Motor pun terus bergerak dan hanya berhenti ketika tambah bahan bakar dan pergantian pengendara.

Uji ketahanan selama tiga hari ini berlangsung dengan berbagai kondisi cuaca. “Pada hari Minggu, hujan sangat deras dan pebalap terus menggenjot motor. Pada malam hari, tanpa penerangan sirkuit, hanya menggunakan lampu motor,“ ungkap Tommy Ernawan, yang mengawasi pelaksanaan uji ketahanan ini. Oleh karena itu pula, pada hari terakhir, untuk mengejar target waktu finis, siang dan sore (cuaca cerah) ketiga motor digenjot habis.

Dijelaskan pula bahwa selama uji ketahanan tersebut, mesin di ketiga Suzuki Titan tidak dimatikan. Kendati demikian, diakui ada pengendara yang jatuh. Namun, motor masih tetap bisa digunakan.  

Selama tiga hari, Titan digeber dengan kecepatan rata-rata di atas 95 km/jam. Hasil lainnya, konsumsi bahan bakar 35-40 km/liter. “Dengan kombinasi hasil tes wartawan yang rata-rata 64 km/liter dan dari uji ketahanan ini, kami memastikan bahwa Suzuki Titan lebih irit dari Smash 110 kendati kapasitasnya lebih besar, dan juga lebih efisien 10 persen,” papar Joko Utomo, GM Promosi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Roda-2, kepada wartawan setelah merayakan Uji Ketahanan, semalam.

Selanjutnya, Titan akan menjalani uji ketahanan mulai 26 Mei hingga 14 Juli 2010 atau 50 hari mengelilingi 570 kota dan melitasi 7 pulau di Indonesia. Hebat!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com