Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Insiden di Pitlane GP Spanyol

Ferrari Didenda Rp 180 Juta

Kompas.com - 09/05/2010, 05:02 WIB

CATALUNYA, Kompas.com - Ferrari dijatuhi hukuman denda 20.000 dollar AS (sekitar Rp 185 juta) menyusul insiden antara Fernando Alonso dan Nico Rosberg, dalam kualifikasi GP Spanyol, Sabtu (8/5/10). Menurut para steward, Ferrari yang salah karena menjadi penyebab munculnya kejadian di pitlane tersebut.

Ceritanya begini. Dalam sebuah momen saat kualifikasi, Rosberg terpaksa melakukan pengereman secara mendadak saat pebalap Mercedes GP ini berada di pitlane. Pebalap asal Jerman itu terpaksa melakukan hal tersebut untuk menghindari kontak dengan Alonso, yang baru keluar dari garasi.

Ternyata, Ferrari teledor karena melepas pebalapnya itu dalam kondisi tidak aman sehingga nyaris terjadi senggolan, yang mungkin bisa berujung tabrakan. Inilah yang membuat steward menyatakan "The Prancing Horse" salah sehingga harus dijatuhi hukuman berupa denda.

Beruntung, kesalahan tim ini tidak dijatuhkan kepada pebalap mereka karena Alonso bebas dari hukuman. Dengan demikian, mantan juara dunia 2005 dan 2006 tersebut akan start dari urutan empat pada balapan di rumahnya sendiri pada hari Minggu (9/5/10) ini, di Sirkuit Catalunya.

Pada seri kelima Formula 1 (F1) 2010 ini, tim Red Bull Racing akan start dari grid terdepan, dengan Mark Webber sebagai pemegang pole position disusul Sebastian Vettel. Posisi tiga ditempati pebalap McLaren Lewis Hamilton, yang akan berdampingan dengan Alonso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com