Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
GP Spanyol

Red Bull Bikin Nyali Alonso Ciut

Kompas.com - 08/05/2010, 22:06 WIB

CATALUNYA, Kompas.com - Fernando Alonso tampaknya akan merevisi targetnya di GP Spanyol akhir pekan ini. Apa pasal? Performa tim Red Bull Racing yang sangat fantastis sepanjang latihan hingga kualifikasi di Sirkuit Catalunya ini membuat nyali pebalap Ferrari tersebut ciut sebelumnya bertarung.

Ya, pada kualifikasi yang berlangsung Sabtu (8/5/10), Red Bull tak tertandingi. Selama Q1, Q2 dan Q3, mereka mendominasi karena "hanya" Mark Webber dan Sebastian Vettel yang saling mengalahkan catatan waktu terbaik, sampai akhirnya Webber-lah yangjadi pemenang dan berhak menempati pole position untuk balapan hari Minggu (9/5/10).

Sebelumnya, dalam sesi latihan pun Red Bull telah menunjukkan tanda-tanda kehebatannya. Sempat kalah dari duet McLaren pada latihan pertama, Jumat (7/5/10), Red Bull pun "mengamuk" di latihan kedua dan latihan ketiga karena mereka tak tersentuh lagi oleh tim mana pun.

Kenyataan inilah yang membuat Alonso sudah merasa kalah. Padahal, mantan juara dunia 2005 dan 2006 tersebut sudah mencanangkan tekad untuk menjadi juara di hadapan publik sendiri, seperti yang dia lakukan bersama tim Renault pada tahun 2006. Menurut Alonso, tidak relistis mengharapkan mereka bisa bertarung dengan Red Bull pada balapan besok.

"Kami tidak sempurna dalam grip dan downforce," ungkap Alonso, yang akan start dari posisi empat. "Selain itu, set up mobil sepanjang pekan ini juga membuat kami merasa kurang percaya diri. Tetapi di Q3, paling kurang kami sudah lebih baik dan itulah potensi maksimum mobil kami.

"Besok saat balapan, kami berharap performa akan bisa bersaing dengan Red Bull. Kami sangat kuat saat balapan sehingga kami berharap besok bisa lebih bisa bersaing.

"Jika berada dua atau tiga per sepuluh detik di belakang, mungkin bisa bertarung untuk mengejar kemenangan. Tetapi jika satu detik di belakang, maka harapannya adalah agar tidak terlalu jauh tertinggal. Dalam kondisi normal, Red Bull sangat difavoritkan saat balapan nanti.

"Kami akan tampil pada balapan dengan kepercayaan diri yang tinggi, karena sadar kami bisa memperoleh banyak kesempatan untuk naik podium dan kami harus meraihnya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com