Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Pasarkan ATV

Kompas.com - 07/05/2010, 08:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Yamaha melebarkan sayap bisnisnya dengan menciptakan pasar baru untuk produknya. Kali ini adalah all-terrain vehicle atau ATV untuk kegiatan perkebunan. Model yang sudah siap dipasarkan di Indonesia adalah Grizzly 700.

Model ini sudah dilengkapi dengan power steering listrik sehingga penggunanya tidak banyak lagi membutuhkan tenaga untuk melakukan manuver. Sementara itu, mesinnya 4-katup dan SOHC berkapasitas murni 686 cc dengan silinder tunggal dan berpendingin cairan.

Dibanding dengan sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia, sistem pasokan bahan bakar Yamaha ini sudah lebih maju karena menggunakan sistem injeksi bensin (Mikuni). Dengan perbandingan kompresi 9,2 : 1, Grizzly lebih mudah beradaptasi dalam hal kualitas bahan bakar.

Untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda, transmisi yang digunakan dinamai Yamaha Ultramatic. Transmisi ini merupakan kombinasi V-belt dengan kopling sentrifugal. Disediakan tiga pilihan mode pengoperasian, yakni In/Out 4WD, yaitu 2WD, 4WD dengan LSD, dan 4WD dengan diferensial dikunci penuh. Untuk pindah dari satu mode ke lain, cukup dengan menekan tombol.

Suspensinya independen untuk keempat roda dengan model double wishbone.  Sementara itu, peredam kejutnya bisa disetel.

Buat memantau kondisi kerja, ATV ini dilengkapi dengan panel instrumen digital berupa layar monitor LCD yang menayangkan berbagai informasi, seperti spidometer, odometer, tripmeter ganda, hourmeter, status 4WD, posisi transmisi, jam, dan indikator bensin.

Presiden Direktur PT YMKI Dyonisius Beti mengatakan, ATV ini diimpor secara utuh dari Jepang. "Pasarnya enggak banyak, paling 1.000 unit satu tahunnya," ujar Dyon kepada Kompas.com, Kamis (6/5/2010).

Satu Grizzly 700 dibanderol Rp 76,5 juta. Untuk pemasaran, YMKI menunjuk beberapa cabang pembantu, antara lain di Medan, Bandar Lampung, Pangkal Pinang, Padang, dan Pontianak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com