Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibid Lelang 10.000 Unit Kendaraan

Kompas.com - 27/04/2010, 17:39 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Baru berdiri tiga tahun, PT Balai Lelang Serasi (Ibid), anak perusahaan Grup Astra di bidang pelelangan, mampu menunjukkan performanya. Untuk 2010, mereka menargetkan pelelangan mencapai 10.000 unit atau naik dua kali lipat dari tahun lalu.

Operation Manager Ibid Caecilia Betsy Rulien menjelaskan, bisnis lelang saat ini tengah bergairah, khususnya untuk wilayah Indonesia Timur. Nilai kendaraan bisa mencapai dua kali lipat dari harga pasar.

"Sepanjang tahun lalu, kami melelang 4.500-5.000 unit, 10 persennya motor. Surabaya dan Balikpapan menjadi salah satu pasar yang bagus sekarang ini," ujar Caecilia di sela-sela lelang Otomotif yang diselenggarakan Ibid di Gedung Badan Keuangan Negara, Denpasar, Selasa (27/4/2010).

Januari sampai Maret, Ibid berhasil mencatatkan pelelangan sekitar 2.000 unit. Caecilia menuturkan, dalam setiap momen lelang, pihaknya mampu menjual rata-rata antara 80 dan 85 persen dari total obyek lelang.

Saat ini, lanjut Caecilia, Ibid suah memiliki lokasi pelaksanaan lelang di 13 kota, antara lain Jakarta, Surabaya, Denpasar, Semarang, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, dan Pontianak.

Via "on-line"

Untuk meningkatkan pelayanan, Ibid berencana membangun lelang berbasis on-line. Ini berkaitan dengan target perusahaan untuk bisa meningkatkan jumlah konsumen.

Dari informasi yang diperoleh Kompas.com, konsumen lelang masih didominasi oleh pedagang hingga 65 persen. Sementara itu, Ibid ingin meningkatkan jumlah end user.

"Nah, dengan sistem on-line, maka individu yang terlibat di lelang akan lebih besar. Tapi ini masih dalam proses dan menjadi tujuan jangka panjang kami," papar Caecilia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com