Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Tahun Suzuki Jimny

Kompas.com - 09/04/2010, 16:12 WIB

HAMAMATSU, KOMPAS.com — Suzuki Motor Corporation atau SMC pada hari Jumat (9/4/2010) merayakan ulang tahun ke-40 peluncuran Jimny. Aslinya, kendaraan ini diberi nama LJ10. Pertama kali diluncurkan pada 1970 sebagai kendaraan 4 x 4 kompak, Jimny ternyata mendapat sambutan baik di beberapa negara, terutama dari pada pencinta off-road.

Selama bertahun-tahun Jimny telah mengalami perubahan sesuai dengan permintaan konsumen. Sementara itu, konsep dasarnya tetap sebagai kendaraan yang ringan, kompak, gampang digunakan, plus berpenggerak 4 x 4. Mobil ini sendiri dipasarkan di 188 negara.

Produk pertama
Jimny 4 x 4 generasi pertama, yang juga pertama kali diproduki secara massal, dikategorikan sebagai mobil mini di Jepang. Pengembangan sudah dilakukan Suzuki pada 1968. Namun produk tersebut baru dipasarkan pada 1970. Waktu itu, Jimny menggunakan tiga tempat duduk.

Versi pertama, atapnya menggunakan kanvas yang dipasang dengan resleting, per-nya model daun, bobotnya hanya bobot 600 kg, dan jarak sumbu rodanya 1.930 mm. LJ pertama disebut LJ10. LJ ini menggunakan mesin dua silinder 360 cc dua langkah berpendingin udara dan menghasilkan tenaga 25 PS.

Pada 1974, Suzuki mengubahnya menjadi LJ50 dan pada 1977 menjadi LJ80 dengan mesin 4 silinder 800 cc dan menghasilkan tenaga 41 PS. Versi ini di Indonesia dikenal dengan sebutan Jimny Jangkrik. Versi ini dimensinya lebih besar dari pendahulunya. Menurut Suzuki, penampilannya lebih baik karena menggunakan sepatbor yang lebih besar.

Pada 1981, Jimny generasi selanjutnya muncul dan disebut SJ410. Jimny  ini menggunakan mesin 1.000 cc dengan tenaga 45 PS. Di Indonesia, versi ini lebih dikenal dengan Katana dan bersistem gerak 4 x 2. Jimny ini termasuk salah satu kendaraan yang cukup sukses dipasarkan oleh Suzuki di Indonesia.

Kini, Suzuki tidak lagi memproduksi dan memasarkan Jimny di Indonesia meski masih banyak penggemar yang mengandalkannya untuk ajang off-road. Di tempat kelahirannya, Jepang, dan beberapa negara lain, Suzuki masih memproduksi dan memasarkan Jimny yang merupakan perubahan nama dari Samurai. Jimny sekarang menggunakan suspensi dengan per koil, mesin injeksi berbahan bakar bensin 1,3 liter dan diesel berkapasitas 1,5 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com