Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brammo Enertia Pasarkan Sepeda Motor Listrik di California

Kompas.com - 06/04/2010, 19:27 WIB

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Tidak sedikit pabrikan motor di dunia yang tengah melakukan riset dan pengembangan teknologi ramah lingkungan pada produk mereka. Namun, pabrikan Brammo Enertia dari California hari ini resmi menjual kendaraan bertenaga listrik dengan banderol 5.995 dollar AS atau sekitar Rp 55,15 juta untuk pasar California.

Harga itu sudah mendapat insentif dari pemerintah pusat dan negara bagian. Peluncuran pun berlangsung dua minggu setelah Zero S dan DS diperkenalkan dari pabrikan Zero Motorcycles dengan harga lebih mahal, yakni 7.945 dollar AS atau sekitar Rp 68,9 juta.

California Clean Vehicle Rebate Project (CVRP) menerima dana 4,1 juta dollar AS dari ARB's Air Quality Improvement Program agar dipakai untuk memajukan dan memproduksi kendaraan yang beremisi nol.

"Kami memuji badan legislatif, Gubernur California Arnold Schwarzenegger, dan kerja keras Air Resources Board. Mereka membuat program kendaraan listrik ini berjalan lancar," komentar pendiri sekaligus CEO Brammo, Craig Bramscher, seperti dikutip Autoevolution.com, Selasa (6/4/2010).

Enertia, lanjut Craig, telah tersedia dalam pilihan California Best Buy sejak 2009. "Kami siap meningkatkan pengalaman penjualan dan kami berterima kasih atas insentif ini," lanjut Craig.

Brammo Enertia yang murni 100 persen menggunakan tenaga listrik ini diproduksi di Ashland, Oregon. Untuk pasar Amerika, Brammo memasang harga 7.995 dollar AS. Motor ini bisa melesat dengan kecepatan tertinggi 95 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 60 km. Butuh 4 jam untuk mengisi baterai motor ini sampai penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com