Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran IIMS 2010 Diikuti 23 ATPM

Kompas.com - 30/03/2010, 13:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif terbesar di tanah air Indonesia International Motor Show 2010 (IIMS) diikuti 23 Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang sudah memastikan partisipasinya. Selama 10 hari pameran (23 Juli-1 Agustus 2010) dengan tema "Eco-Technology Motoring", Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan nilai transaksi Rp2 triliun.

Ketua Umum Gaikindo Sudirman Maman Rusdi mengatakan, fokus utama IIMS adalah menjawab keingintahuan masyarakat tentang industri otomotif dari teknologi dan produk. Namun, namanya pameran tak lepas dari transaksi penjualan.

"Tahun ini kami harapkan nilai transaksi bisa mencapai Rp2 triliun atau sekitar 7.000 unit kendaraan. Melihat iklim yang cukup baik pada dua bulan pertama, kiat optimis IIMS akan lebih baik," ujar Sudirman dalam presconference IIMS 2010 di Jakarta, (30/3/2010).

Para ATPM yang memastikan diri turut serta Audi, BMW, Chevrolrt, Daihatsu, Ford, Foton, Fuso, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, Jaguar, Kia, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi, Nissan, Nissan Diesel, Proton, Subaru, Suzuki, Toyota, dan VW.

Peningkatan jumlah peserta terjadi pada pameran tahun ini. Mengacu data panitia penyelenggara PT Dyandra Promosindo, jumlah perusahaan komponen dan pendukung otomotif tercatat 155 unit naik dari tahun sebelumnya yang hanya 129 unit.

Sehingga total perusahaan otomotif dan pendukung yang turut serta dalam IIMS 2010 tercatat 178 unit, dari sebelumnya 163 unit. Pihak panitia penyelenggara, menargetkan jumlah pengunjung pameran diharapkan mencapai 260.000 orang, yang juga naik dari 241.687 unit.

Total luas area yang digunakan tak ada perubahan yakni, 100.000 meter persegi dari 36.000 meter persegi indor dan 64.000 meter persegi outdoor. Lokasi tetap meneruskan penyelenggaraan tahun sebelumnya di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Eco-Technology Motoring

Tema pameran "Eco-Technology Motoring" mencerminkan pentingnya menjaga lingkungan untuk meminimalkan dampak pemanasan global yang semakin menghawatirkan. ketua Umum IIMS 2010, Johnny Darmawan mengatakan, tema ini menggambarkan sebuah upaya pemenuhan kebutuhan manusia akan sarana transportasi dengan memanfaatkan teknologi yang meminimalisasikan kerugian ekologis.

"Kami ingin semua pihak dalam dunia otomotif menyadari perannya masing-masing dalam pelestarian lingkungan," ujar Johnny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com