Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Kizashi Batal, R3 Tampil di IIMS

Kompas.com - 08/03/2010, 12:07 WIB

BALI, KOMPAS.com — PT Suzuki Indomobil Sales atau SIS selaku ATPM Suzuki di Indonesia mengubah total target penjualannya. Pada awal tahun disampaikan bahwa untuk 2010, penjualan mereka dipatok antara 50.000 dan 60.000 unit. "Kami coba naikin jadi 70.000 unit karena melihat hasil penjualan dua bulan ini yang cenderung terus meningkat," komentar Endro Nugroho, Direktur Pemasaran PT SIS di Bali, saat mengikuti acara Suzuki Splash Sensaction, 4-5 Maret lalu.

Selain karena pasar otomotif nasional yang membaik, SIS punya 6 model baru yang bakal diluncurkan sebagai senjata untuk memenuhi target itu. Dari jumlah tersebut, menurut Endro, APV dan pick-up masih menjadi mayoritas penyumbang terbanyak.

Suzuki Splash yang baru akan diluncurkan 21 Maret mendatang merupakan tembakan pertama SIS. Kehadiran mini MPV ini sekaligus merupakan sinyal keseriusan Suzuki dalammenggarap pasar MPV. "Karena, Suzuki ingin mengambil pasar yang lebih luas," sebut Endro.

Kembali ke 6 model baru tadi. Ketika disebut bahwa salah satunya adalah Suzuki Kizashi, Endro langsung menepis, "Tak jadi tahun ini karena untuk maintain yang 6 model baru itu saja sangat susah," aku Endro. Menurutnya, buat apa memasarkan produk yang cuma bisa tercapai 100-200 unit karena, lagi pula, di kelas sedan mid-size sudah ada Toyota Camry dan Honda Accord. Namun, kalaupun harus datang, "Kami tidak bicara volume."

Kalau mau bicara volume, Endro mengaku lebih tertarik dengan Suzuki R3. MPV ini pertama kali dipajang di India pada Januari lalu. "Saya mau mendatangkan prototipenya di IIMS 2010," janji Endro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com