Jumat, 28 November 2014

Otomotif


"SEMAKIN DI DEPAN" Pada Motor dan Baju Balap Jorge Lorenzo dan Rossi

Penulis: Zulkifli BJ | Senin, 01 Maret 2010 | 07:22 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : Kompas.com/Zulkifli BJ

    SEMAKIN DI DEPAN, pada motor dan baju Horge Lorenzo

  • Sumber : - | Author : Kompas.com/Zulkifli BJ

    Peluncuran "Semakin di Depan" Lorenzo bersama manajer dan manajemen Yamaha Indonesia!

  • Sumber : - | Author : MotoGP

    Tulisan SEMAKIN DI DEPAN pada motor yang digunakan Rossi ketika latihan di Sepang, minggu lalu.

  • Sumber : - | Author : MotoGP

    SEMAKIN DI DEPAN pada baju balap Rossi

BANDUNG, KOMPAS.com – Tulisan “SEMAKIN DI DEPAN” iklan Yamaha di Indonesia, menempel pada sepeda motor yang digunakan dua pebalap Fiat-Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo selama musim 2010 ini. Untuk itu, selama tiga hari, kedua superstar MotoGP tersebut memperkenalkan atau meluncurkannya pada empat kota di Indonesia.

Rossi meluncurkan “SEMAKIN DI DEPAN” di Medan, 27 Februari 2010 dan pada saat bersamaan Lorenzo melakukannya di Bandung. Selanjutnya, pada hari ini, 1 Maret 2010, Rossi meluncurkan di Surabaya dan Lorenzo di Yogyakarta.

Pada saat peluncuran di Bandung, Lorenzo memperlihatkan tulisan tersebut pada sayap belakang di kanan kiri motor. Sedangkan pada baju yang dikenakannya (kemeja lengan pendek), berada di kanan. Saat itu, Lorenzo dengan ibu jari tangan kanannya yang masih dibalut kerena cedera ketika mengendarai motocross sebagai bagian dari persiapan pra-musim tahun ini.

Kendati, kalimat bahasa Indonesia dengan tiga kata itu baru saja diperkenalkan di Indonesia, namun pada motor yang digunakan Rossi untuk latihan, termasuk ketika Fiat-Yamaha memperkenalkan tim 2010-nya di Sepang, Malaysia 4 Februari lalu, tulisan tersebut sudah menempel pada motor dan baju balap, termasuk pada baju krunya. Pada baju balap, tulisan tersebut berada di lengan kanan dan kiri.

Lorenzo sendiri ikut membaca kalimat “SEMAKIN DI DEPAN” di depan dengan pasif. Dijelaskannya, Indonesia merupakan pasar sepeda motor yang sangat bagi Yamaha . “Karena itulah penting bagi memperkenalkan tag line itu secara langsung. “Semakin di depan or Step ahead,” tegas Lorenzo!

Bangga Indonesia
Vicent Mulyono, Direktur Pemasaran PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), mengatakan, kalimat “SEMAKIN DI DEPAN” bukan hanya buat memperkuat citra Yamaha di Indonesia. “Tak kalah penting, ikut memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia. Karena MotoGP ditonton orang di seluruh dunia. Mereka akan membacanya,” jelas Vincent. Karena itulah, saat peluncuran, pada selubung motor dan latar belakang pangggung, ditambahkan tulisan “BANGGA INDONESIA” yang dilanjutkan dengan “semakin di depan”

Ditambahkan, kalimat berbahasa Indonesia diharapkannya bisa memberikan semangat bagi orang Indonesia, termasuk mereka yang ingin menjadi pembalap. Bahkan tulisan tersebut bisa membangkitkan semangat bagi karyawan di internal Yamaha Indonesia. Pasalnya, Yamaha sendiri terus berpacu dan saling susul-menyusul penjualan dengan Honda, yang sebelumnya selalu nomor satu. Bulan lalu, Yamaha sudah membuktikan, bisa nomor satu di Indonesia.

Dijelaskan pula, kontrak pemasangan tulisan itu berlaku selama musim 2010. “Kita ingin sih berlanjutnya tulisan tersebut dipasang, ” komentar Vincent tentang kontrak tag-line tersebut paa kedua pebalap Fiat-Yamaha.

Ketika ditanyakan, apakah tulisan itu akan mempengaruhi atau ikut mendongkrak penjualan Yamaha di Indonesia. Vincent tidak menjawab secara gamblang. “Mau sih kita tentu naik!’ tegasnya.

Tiga hari di Indonesia, Lorenzo harus bolak-balik Jakarta-Bandung-Jakarta dan terbang ke Yogyakarta. Sementara Rossi dikabarkan menggunakan pewasat jet pribadi dari Medan ke Surabaya! Hebat!


Editor : Zbj