Jumat, 19 Desember 2014

Otomotif


Produsen Mobil Nasional Deklarasi ASIANUSA

Penulis: Agung Kurniawan | Selasa, 23 Februari 2010 | 18:23 WIB
|
Share:
Sumber : - | Author : AGUNG KURNIAWAN

Ketua ASIANUSA, Ibnu Susilo (kedua dari kanan) bersama pengurus

JAKARTA, KOMPAS.com - Para produsen mobil lokal Indonesia mendatangi kantor Kementerian perindustrian, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (23/2/2010). Di situ mereka mendeklarasikan organisasi barunya, yakni Asosiasi Industri Automotif Nusantara (ASIANUSA).

Anggota terdiri dari beberapa produsen mobil nasional antara lain, Tawon, Wakaba, Fin (Komodo), Arina, Gea, dan ITM. Secara umum, ASIANUSA memiliki empat tujuan utama yakni, kebijakan, finansial, pemasaran, dan teknologi.

Ketua Umum ASIANUSA Ibnu Susilo menjelaskan, dengan lahirnya asosiasi ini, produsen mobil nasional akan lebih mudah menyuarakan, baik ke pemerintah maupun masyarakat. "Ini adalah zero kilometer, artinya sebuah permulaan baru untuk produsen mobil nasional. Dengan ASIANUSA kami akan lebih fokus bergerak," ujar Ibnu.

Potensi Indonesia memiliki mobil nasional, menurut Ibnu terbuka luas, asalkan memperoleh dukungan penuh dari pemerintah. "Sudah saatnya, mobil nasional tumbuh kembang di negeri sendiri," harap Ibnu.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Industri Alat Transportasi Darat dan Kedirgantaraan Kemenperin Panggah Susanto mengatakan, pembentukan asosiasi menjadi kunci utama lahirnya industri otomotif lokal. Pemerintah, terus berupaya membantu terciptanya struktur industri otomotf nasional yang tangguh.

"Ini sebuah inisiatif yang baik, kami sudah memfasilitasi pasokan jig dan atras ke universitas di Semarang (universitas Negeri Semarang) dan Paundan (Universitas Pasundan)," jelas Panggah.


Editor : Bastian