Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Smart Driving" ala Nissan di Kampus UI

Kompas.com - 18/02/2010, 16:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Nissan Motor Indonesia (NMI) coba masuk kampus Universitas Indonesia. Mau jualan? Bukan, produsen Nissan Indonesia itu menggandeng Fakultas Teknik UI (FTUI) menggelar acara "Nissan Smart Driving", Selasa (16/2/2010). Kegiatan dilakukan guna memberikan panduan dan edukasi kepada para mahasiswa mengenai cara dan teknik mengemudi yang aman dan benar.

Di luar dugaan, animo peserta cukup banyak, mencapai 100 mahasiswa FTUI. Mereka dibekali empat faktor utama cara berkendara. Pertama, persiapan kendaraan sebelum melakukan perjalanan, antara lain, pemeriksaan oli, tekanan angin ban, air aki, dan sebagainya. Kedua, posisi mengemudi yang baik dan penggunaan sabuk pengaman yang tepat.

Ketiga, panduan cara-cara menyetir yang baik, seperti pada saat parkir, di tikungan, perempatan jalan, dan lampu merah. Terakhir, mengenai langkah-langkah yang harus diambil pada saat menemui masalah.

Selain itu, para peserta mendapatkan praktik secara langsung teknik smart driving dengan melakukan test drive dan mendapatkan presentasi mengenai teknologi-teknologi terbaru Nissan; seperti Continuously Variable Transmission (CVT), Vehicle Dynamic Control (VDC), dan Nissan Electric Vehicle (NEV); seperti dilansir NMI melalui keterangan resminya yang diterima Kamis (18/2/2010).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com