Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Kizashi Diluncurkan di IIMS 2010

Kompas.com - 27/01/2010, 09:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah memastikan akan meluncurkan hatchback terbarunya, Splash, kini PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) akan menambah
varian baru di segmen sedan menengah (mid-size), Kizashi. Rumor kedatangan produk ke Indonesia sudah santer terdengar dan tampaknya segera terwujud tahun ini.

Seorang sumber di SIM menjelaskan, Kizashi akan menjadi salah satu senjata andalan Suzuki di Indonesia pada 2010. Menurut sumber tadi, Kizashi akan diluncurkan bersamaan dengan IIMS pada Juli mendatang. Malah Kizashi II prototipe sudah mejeng di IIMS 2008 di JCC.

Di Jepang, produk mobil berlambang huruf "S" ini memiliki platform sasis 4.650 mm atau lebih pendek 165 mm ketimbang Camry, tetapi sumbu rodanya lebih panjang untuk mengompensasi interior yang lebih luas.

Masih di negara asalnya, Kizashi mengusung mesin 2.300 cc, 3.600 cc, hingga 2.000 turbodiesel. Sistem penggerak roda bertumpu pada bagian depan (front wheel drive), tetapi untuk beberapa tipe disediakan yang all wheel drive (AWD).

Kizashi diproduksi di pabrik baru Suzuki di negara asalnya, Jepang, dan mulai dipasarkan awal tahun ini. Varian lainnya, seperti hatchback dan station wagon, baru akan mulai masuk ke pasar Eropa setelah peluncuran si sedan. Sementara untuk pasar Amerika sudah lebih dulu dijual tahun lalu.

Dengan masuknya Kizashi di segmen mid-size sedan, akan bersaing dengan pemain lawas, seperti Toyota Camry, Honda Accord, dan Nissan Teana. Apakah Suzuki mampu bersaing?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com