Rabu, 23 April 2014

Otomotif


Mobil Murah Honda Pakai Merek Li Nian

Penulis: AGung Kurniawan | Rabu, 20 Januari 2010 | 17:41 WIB
|
Share:
Sumber : - | Author : Honda Motor

Mobil muurah Honda yang akan dibuat di India dan Thailand

WUHAN, KOMPAS.com — Aksi Honda meluncurkan mobil konsep termurah di India sempat menggemparkan dunia otomotif. Kini, Honda diberitakan akan menggunakan merek baru, Li Nian, untuk memasarkan mobil tersebut di China.

Peluncuran perdana mobil murah itu akan dilakukan tahun depan. Produk ini sekaligus sebagai upaya menyaingi Nissan yang mendominasi penjualan mobil merek Jepang tersebut di Negeri Tirai Bambu.

Executive Vice President Honda Koichi Kondo mengatakan, pabrikan telah menggandeng mitra lokal, Guangzhou Automobile, untuk memproduksi mobil murah itu. Mesin yang digunakan berkapasitas 1,6 liter dan menyandang merek baru, Li Nian.

“Penjualan mobil dengan mesin 1,6 liter ke bawah sangat bagus sekarang ini. Kami melihat Li Nian sebagai produk yang bisa bersaing di segmen yang sama," papar Kondo seperti dikutip Bloomberg (20/1/2010). Namun, harga yang ditargetkan untuk mobil murah tersebut tidak dijelaskan.

China telah berhasil menjadi pasar mobil terbesar di dunia, menggeser dominasi Amerika Serikat pada 2009. Selama ini, Honda mengandalkan dua model, yaitu City dan Fit untuk mengisi pasar China. Kompetitor terberat yang dihadapi Honda di negara tersebut adalah Nissan dengan produk yang lebih murah, Livina.

Michael Dunne, Direktur Utama Konsultan Otomotif Dunne & Co, Beijing, mengatakan, permintaan konsumen di negara tersebut tumbuh pesat pada segmen mobil kecil dengan harga terjangkau pada tahun lalu. Segmen ini biasanya dihindari Honda.

"Merek baru ini akan membuat Honda turun ke level bawah. Kendati demikian, citra dan kualitas produk tidak perlu diragukan," ujar Dunne.

Pemerintah China memberikan insentif berupa pengurangan pajak penjualan untuk kendaraan baru khusus bermesin 1,6 liter ke bawah, dari 10 persen, menjadi 5-7,5 persen. Situasi ini akan membuat permintaan mobil baru di kalangan masyarakat ekonomi menengah tetap tumbuh. Konsumen ini akan membidik mobil baru yang kecil dan murah.

Nah, untuk menopang penjualan, Honda akan menambah 100 dealer baru di China setiap tahun dalam kurun lima tahun ke depan. Mereka juga berencana membangun satu lagi pabrik perakitan baru di Provinsi Hubei, dengan menggandeng Dongfeng Motor Group yang akan beroperasi pada 2012. Kapasitas produksi Honda di China otomatis melonjak dari 200.000 unit menjadi 240.000 unit.


Editor : Zbj