Sabtu, 26 Juli 2014

Otomotif


Mobil Nasional Gea Terapkan Teknologi EFI

Penulis: AGung Kurniawan | Senin, 18 Januari 2010 | 10:06 WIB
|
Share:
Sumber : - | Author : Kompas.com/Zulkifli BJ

Mobil kecil100 persen rekayasa dan buatan Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com — Mobil nasional hasil produksi PT Inka, Gea, terus mengalami pengembangan, terutama menyangkut sisi teknologi. Untuk mengejar kadar emisi gas buang minimum Euro2 di Indonesia, Gea akan menerapkan teknologi electronic fuel injection atau EFI mulai pertengahan tahun ini.

Koordinator Riset Unggulan Strategis Nasional (Rusnas) Engine Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Nyoman Jujur, menjelaskan, saat ini mesin hasil produksi lokal yang digunakan Gea masih menggunakan karburator. Proses riset pun kini tengah dilakukan untuk menggunakan sistem EFI pada mesin tersebut.

"Target saya tahun ini sudah bisa diterapkan. Pertengahan tahunlah. Sekarang masih di mapping EFI-nya. Kalau sudah terpasang, mudah kita mencapai Euro2," ujar Nyoman kepada Kompas.com, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, mesin yang digunakan Gea berkapasitas 500 cc dengan dua silinder hasil pengembangan BPPT, dan memiliki kandungan lokal hingga 98 persen. Selain itu, mesin telah mengalami uji ketahanan dan mampu beroperasi selama 100 jam non-stop.

Saat ini, BPPT tengah melakukan riset lanjutan untuk memproduksi bodi kendaraan dengan industri rancang bangun mandiri. Produksi percobaan (trial production) akan mulai dilakukan pada 2011.

"Kalau tahun lalu sudah diperlihatkan Gea dari Inka, sekarang akan kita kembangkan sendiri. Masih masuk pengujian, mesinnya sama," papar Nyoman. Ia berharap pemerintah bisa mendukung produksi mobil nasional Gea lebih konkret lagi, tak sekadar imbauan.

Sementara itu, selain untuk mobil nasional, mesin hasil produksi BPPT juga bisa dimodifikasi untuk silent genset (generator listrik tanpa suara). Saat ini BPPT telah memproduksi sebanyak 15 mesin sebagai prototipe awal.


Editor : Bastian