Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangki Bensin Motor Rembes Air, Tak Usah Pusing

Kompas.com - 15/01/2010, 15:40 WIB

KOMPAS.com — Ketika melesat di tengah hujan, mungkin ada pemilik Yamaha Scorpio mendapati terjadi perembesan air ke dalam tangki motor. Kalau sudah begitu, selain bikin karat, motor juga susah dihidupkan. "Biasanya ketika hujan atau mencuci, air merembes ke dalam tangki lewat sela-sela di tutup tangki, terutama untuk usia pakai motor di atas 2 tahun," bilang Erik Arianto dari bengkel Pit Bike di Jakarta Barat.

Penyebabnya, per yang menekan tutup tangki sudah lemah akibat sering dibuka-tutup untuk mengisi bahan bakar. Solusinya, kata Erik, per yang menekan karet dibuat ideal seperti baru. Enggak usah diganti, tetapi cukup direnggangkan sehingga per kuat menekan karet.

Pengerjaannya tidak sulit dan bisa dibongkar sendiri. Langkahnya, lepas terlebih dahulu tutup tangki. Perhatikan bagian bawah tutup wadah, di sana ada dua baut yang bisa dibuka dengan obeng. Erik berpesan, hati-hati membuka baut karena di bagian dalam ada pengunci, ring, dan per yang mudah terberai.

Setelah bagian pengunci diangkat, lepas rumah ring yang menempel dengan karet penutup tangki. Trus, di bagian bawah karet ada empat per yang harus direnggangkan. "Satu per satu per diambil, lantas, dengan tang, jarak kerenggangan diatur sewajarnya," pesan Erik.

Kalau sudah, pasang kembali dengan proses kebalikan dari proses semula. Sebelumnya, bersihkan seluruh bagian tutup tangki dengan cairan penetran untuk melenyapkan debu dan kotoran.

Beres, deh (Belo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com