Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Honda Freed Mencapai 1.104 Unit

Kompas.com - 07/01/2010, 12:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Honda Prospect Motor atau HPM selaku ATPM Honda mobil di Indonesia melaporkan bahwa market 2009 mencapai 39.570 unit (retail) dan menempatkan posisi mereka di urutan kelima. Jumlah itu belum termasuk 1.104 Freed yang diekspor ke negara ASEAN dan kontribusi terbesar masih dari produk andalan Jazz.

Kendaraan hatchback memberi kontribusi terbesar total 15.713 unit dengan penjualan pada akhir tahun 1.530 unit. Penyumbang kedua terbanyak CR-V dengan 10.110 unit, diikuti Freed 8.900 unit. Meski kendaraan keluarga itu hanya terjual 417 unit pada Desember, ada prestasi lain yang diukir Honda. Freed telah diekspor 1.104 unit ke Thailand, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan bahwa penjualan pada semester pertama tahun lalu masih terpengaruh oleh krisis ekonomi global. Meskipun demikian, perbaikan yang cukup cepat terjadi memasuki paruh kedua 2009 sehingga ikut mendorong meningkatnya angka penjualan otomotif di Indonesia.

"Kami bersyukur, di tengah kondisi ekonomi yang belum cukup stabil, produk-produk seperti Honda Jazz dan CR-V tetap mencatat angka penjualan yang mapan. Di luar dugaan, produk baru seperti Honda Freed dapat melampaui target," papar Jonfis. Untuk 2010, lanjutnya, Honda akan terus bekerja keras memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin beragam. Di antaranya memperbanyak dealer-dealer, meningkatkan layanan jual dan terus menghadirkan produk-produk berkualitas.

Mengenai produk Honda lainnya, seperti All New City, pada Desember lalu terjual 113 unit dan total 2.526 unit. Jumlah ini masih lebih tinggi dari jumlah Civic dengan total 1.651 unit dan 27 unit bulan terakhir 2009. Adapun Accord membukukan 666 unit pada tahun lalu dan di penghujung tahun terjual 36 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com