Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki R3, MPV Kompak dengan Platform SX4

Kompas.com - 05/01/2010, 19:31 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Salah satu mobil konsep yang cukup menarik pada New Delhi Auto Expo 10 adalah MPV kompak dari Maruti Suzuki adalah R3. Menurut Suzuki Motor Corporation atau SMC, MPV ini merupakan hasil rancangan Maruti Suzuki India.

Sementara itu, media otomotif India melaporkan bahwa Maruti Suzuki meluncurkan MPV karena ingin mengikuti jejak Toyota yang sukses dengan MPV Toyota Innova di negara tersebut. Kendati demikian, dimensi Suzuki R3 lebih kecil. Kelasnya di bawah Innova atau berarti sekelas dengan Avanza atau Xenia.

Mobil ini dirancang dan direkayasa dengan tiga deret jok. Cukup menarik, mobil ini dibuat pada platform SX4 yang diperpanjang. Versi produksi nantinya dibuat dengan sasis monocoque. Dengan demikian, posisi mengemudi lebih sama dengan posisi mengemudi di sedan ketimbang posisi di mobil yang menggunakan bodi di atas rangka.

Ciri khas yang cukup menarik pada R3 adalah, kedua pintu samping membuka secara berlawanan arah. Pintu depan ke depan dan belakang ke belakang. Hasilnya, ketika kedua pintu dibuka secara bersamaan sehingga penumpang bisa masuk dengan mudah ke interior. Ini juga akan memudahkan barang bawaan berukuran besar masuk ke dalam MPV ini.

SMC belum menjelaskan mesin yang akan digunakan pada MPV kompak tersebut. Kendati demikian, media otomotif India memperkirakan bahwa Maruti Suzuki akan menggunakan mesin K-Series dengan pilihan 1,2 atau 1,4 liter.

Juga ada kemungkinan bahwa mereka akan menggunakan mesin diesel. Maklum, di India, mesin diesel cukup populer. Mesin diesel yang digunakan bisa jadi dari Fiat, Multijet 1,3 liter. Di samping itu, Maruti Suzuki juga akan melengkapi kendaraan ini dengan teknologi BBG (CNG) terkini.

Yang menarik pula, karena VW kini punya 20 persen saham di Suzuki, produsen Jerman tersebut bisa jadi pula akan menaruh produk mereka di ruang mesin MPV ini. Jika Maruti Suzuki jadi memproduksinya, maka dibutuhkan waktu 18-24 bulan. Penampilannya pun akan berbeda dari konsep yang dipamerkan!   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com