Minggu, 23 November 2014

Otomotif


Toyota Avanza 1.3 G Matic Cangkok Transmisi Tipe S

Penulis: Zulkifli BJ | Selasa, 17 November 2009 | 15:33 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : Kompas.com/Zulkifli BJ

    Avanza 1.3 G matik!

  • Sumber : - | Author : Kompas.com/Zulkifli BJ

    Interior yang berubah hanyakonsol tengah atau rumah transmisi dan indikator pada panel instrumen

  • Sumber : - | Author : Kompas.com/Zulkifli BJ

    Pada panel instrumen ditambahkan posisi gigi yang berada antara speedo dan tachometer.

JAKARTA, KOMPAS.com — Toyota Avanza, mobil terlaris di Indonesia, menambah variannya, yaitu tipe G dengan transmisi otomatik. Sebelumnya, Avanza transmisi otomatik hanya ditawarkan pada tipe S dengan mesin 1,5 liter.

Menurut Direktur Pemasaran PT TAM Joko Trisanyoto, transmisi otomatik lebih pas dipasangkan dengan mesin 1,5 liter. Pasalnya, tenaga dan torsinya lebih besar. “Tetapi karena harga Avanza tipe S mahal, sedangkan konsumen banyak minta matik lantaran kondisi lalu lintas yang makin macet, akhirnya kita pasang pada mesin 1,3 liter,” ungkapnya.

Malah, menurut Johnny Darmawan selaku Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM), nantinya Avanza tipe E dengan transmisi otomatik juga akan menyusul. “Waktu peluncurannya, tunggu saja. Nanti kami undang lagi,” kilahnya.

Transmisi otomatik pada Avanza 1.3 G ini dicomot langsung dari Avanza tipe S. Karena itu pula, perbandingan gigi pada transmisi 4 percepatan ini sama. Kalaupun ada perbedaan dari Avanza S otomatik, hal itu hanya pada perbandingan gigi akhir. Tipe G Matic memiliki perbandingan gigi akhir 5,571, sedangkan tipe S, 5,125. Perbandingan gigi akhir Avanza tipe G manual sama dengan tipe S Matic.

Dengan transmisi otomatik ini, bobot menjadi lebih berat 25 kg dari versi manual. Bobot itu pun lebih ringan 15 kg dari tipe S Matic. Sementara itu, menurut Joko, berdasarkan hasil tes mereka, konsumsi bahan bakar sama dengan manual.

Interior
Pada interior, perubahan hanya pada konsol tengah. Kini, di bagian itu ditempatkan rumah dan tongkat transmisi otomatik dengan alur model gate. Penampilannya cukup keren. Tambahan lain adalah indikator posisi gigi pada panel instrumen yang berada di antara kedua bulatan, spidometer dan takometer.

Harga Avanza 1.3 G Matic Rp 156.550.000. Sebagai pembanding, tipe 1.3 G manual: Rp 146.550.000 dan tipe 1.5 S Matic: Rp 169.500.000.


Editor :