Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Market Yamaha Indonesia Ungguli India

Kompas.com - 17/09/2009, 15:16 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Yamaha Indonesia boleh bangga terhadap prinsipalnya, Yamaha Motor Co (YMC). Bayangkan, sampai pertengahan September,  penjualannya sudah melebihi 3 juta unit. Sementara itu, YMC sendiri menargetkan 220.000-250.000 unit di India hingga akhir tahun. Bahkan, untuk 2010, target dinaikkan menjadi 300.000 unit.

Yukimine Tsuji, selaku Chief Executive and Managing Director Yamaha Motor Pvt. Ltd, seperti dikutip kantor berita AP, mengatakan, dari target tahun ini, Yamaha juga mengeset 70.000 motor diekspor, dan dua kali lipat pada tahun berikutnya.

Merek berlambang garpu tala yang terkenal dengan produk lokal India-nya, Fazer dan Gladiator, sudah berhasil menjual sebanyak 136.000 unit selama delapan bulan pertama di 2009. Berarti, terjadi lonjakan yang luar biasa dari tahun lalu mencapai 80 persen.

Tsuji menambahkan, perusahaannya telah menghabiskan 60 persen dari dana investasi, senilai 8 miliar rupee (sekitar Rp 1,6 triliun) yang disiapkan bertahap hingga 2012. "Sisa dana yang 40 persen akan digelontorkan dalam tiga tahun mendatang untuk peluncuran produk-produk baru," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com