Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Mobil Indonesia Mulai "Rebound"

Kompas.com - 13/07/2009, 11:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ekspor mobil nasional mulai mencapai titik balik (rebound). Kondisi ini diperlihatkan dari jumlah unit ekspor mobil yang kembali meningkat 16,3 persen pada Mei 2009 dibandingkan bulan sebelumnya.

Kinerja ekspor industri otomotif nasional pada  Mei 2009 tercatat sebanyak 7.941 unit, mulai menanjak jika dibandingkan bulan sebelumnya 6.824 unit. Bahkan, selama empat bulan pertama tahun ini, pengiriman mobil dari bulan ke bulan terus menurun seiring terjadinya krisis keuangan global yang melanda hampir di seluruh penjuru dunia.

Direktur Jenderal Industri Alat Transportasi dan Telematika Departemen Perindustrian (Depperin) Budi Darmadi mengatakan, situasi negara tujuan ekspor produk otomotif dari Indonesia sangat beragam. Jika ditotal, lebih dari 82 negara tujuan ekspor memiliki berbagai karakteristik yang berbeda-beda.

"Nah, situasi ekonomi dan politik negara lain itu sulit diprediksi. Ini yang membuat kita tidak memiliki kekuatan untuk mempengaruhi akan permintaan di pasar ekspor. Namun, kelihatannya kondisi ekspor kita pelan-pelan mulai membaik " jelasnya, saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (13/7).

Kondisi ini disepakati Kepala Pemasaran dan Pejualan Luar Negeri PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) John Saragih. Perbaikan kinerja ekspor terus bergerak ke arah yang lebih positif ketimbang penurunan yang terjadi pada awal tahun 2009. "Kami berharap pada semester kedua tahun ini, kinerja ekspor kita bisa meningkat jauh lebih baik lagi," paparnya.

Berdasarkan data Depperin yang diterima Kompas.com, pada Mei 2009, ekspor mobil secara utuh (compeletely built up vehicle/CBU) mengalami penurunan sebesar 4,5 persen menjadi 3.641 dari bulan sebelumnya 3.814 unit. Di sisi lain, ekspor mobil dalam keadaan terurai (completely knock down/CKD) justru mengalami melonjak hingga 42,8 persen dari 3.010 unit pada April 2009 menjadi 4.300 unit.

60 persen
SIM sebagai salah satu eksportir utama mobil ke mancanegara masih mengalami penurunan signifikan dibandingkan tahun lalu. John mengatakan, sepanjang Januari-Juni 2009 ekspor kendaraan Suzuki tercatat sebanyak 5.487 unit, didominasi produk APV model blind bus dan pick up. "Penurunan kami pada semester pertama 2009 mencapai 60 persen dibandingkan tahun lalu," jelasnya. Dan dari total ekspor ke-88 negara, sebesar 55 persen mengarah ke Arab Saudi.

Sementara PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga mengalami penurunan dibanding tahun lalu. "Ekspor masih stagnan, berada di kisaran 2.100 sampai 2.200 unit per bulan, untuk Mei dan Juni," bilang Vice President PT ADM Sudirman MR.

ADM mengekspor Gran Max ke Jepang dan Timur Tengah rata-rata antara 400-500 unit per bulan.

Data Ekspor Mobil CBU dan CKD Tahun 2009

Januari    : 10.918 unit
Febuari   :   9.536 unit
Maret     :   8.657 unit
April       :   6.824 unit
Mei        :   7.941 unit

Total      :   43.876 unit

Sumber: Depperin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com