Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alphard IU Vs TAM Ramaikan Pasar

Kompas.com - 01/06/2009, 10:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasar mobil Indonesia siap menerima kehadiran Toyota Alphard Vellfire Z yang didatangkan oleh importir umum (IU). Di Jepang, MPV premium ini baru diperkenalkan kuartal I 2009. "Kami sendiri baru memasukkannya bulan ini," ungkap Ketua Umum Asosiasi Importir Kendaraan Bermotor Indonesia (AIKI) Tommy R Dwiandana, beberapa waktu lalu.

Memang, pasar Alphard di Tanah Air sangat subur. Bayangkan, dalam satu bulan, produk itu bisa terjual rata-rata 100 unit. Karena itu, Alphard Vellfire diyakini bisa sukses. "Saat ini, kami memasukkan sekitar 150 unit sampai 200 unit per bulan untuk Jakarta," ungkap Tommy.

Keoptimistisan Tommy dilandasi harga Vellfire yang dibanderol sekitar Rp 800 juta per unit. Harga itu lebih murah ketimbang Alphard 3.5L dari PT Toyota Astra Motor yang dipatok pada harga Rp 1,1 miliar.

Masuknya Vellfire Z, menurut Manajer Umum Toyota dan Lexus Jodjana Djody, pihaknya tidak merasa tersaingi. “Penjualan kami masih terhitung stabil hingga April 2009, yaitu sekitar 100 unit per bulan," katanya. Soal harga dari TAM yang lebih tinggi, hal itu karena menjamin ketersediaan suku cadang dan servisnya.

Adapun IU yang mendatangkan Alphard Vellfire tidak menjamin ketersediaan suku cadang maupun servis mobil tersebut. Padahal, menurut Jodjana, jika mau menservis kendaraan tersebut, pembeli harus melakukannya di tempat pembelian pertama atau di tempat tertentu. “Dan pemilik Vellfire juga tidak bisa menyervis mobil mereka di tempat kami," tandas Jodjana.

Meski mengaku tak terancam, TAM berjanji memberikan kejutan bagi IU pada Juli nanti. Bertepatan dengan ajang International Indonesia Motor Show (IIMS), TAM akan melansir varian terbaru Alphard. Persisnya, mereka akan mengeluarkan Alphard 2,4 G. “Mobil ini akan bertarung langsung dengan Alphard Vellfire Z yang sama-sama berukuran kompak dan bermesin 2.400 cc,” ujar Jodjana.

Bagaimana dengan harga jualnya? Jodjana mengatakan, Alphard 2.4 G bakal dilepas dengan harga di bawah Rp 1 miliar. Ini tentunya supaya lebih terjangkau dan mampu bersaing dengan Alphard Vellfire Z, apalagi Toyota menjamin ketersediaan suku cadang mobil tersebut. “Target Penjualannya kami perkirakan sekitar 200 unit,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com