Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April 2009, Penjualan Mobil Turun

Kompas.com - 05/05/2009, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penjualan Mobil selama April 2009 turun dibandingkan bulan sebelumnya (Maret 2009). Demikian dikatakan oleh Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, hari ini, kepada Kompas.com melalui telepon. Padahal, dalam beberapa bulan terakhir, secara berturut-turut, Daihatsu menikmati kenaikan penjualan.

Seberapa besar penurunan, Amelia belum bisa memberikan detailnya. “Masih awal bulan. Laporan baru masuk,” ungkapnya. Dia juga menjelaskan, meski bursa Indonesia bergairah, rupiah menguat, dan terjadi penurunan suku bunga bank, ternyata semua itu belum memberi pengaruh positif pada penjualan. Ia pun belum bisa menyimpulkan penyebab terjadinya penurunan penjualan.

Ditambahkan, meski begitu, pasar mobil di Indonesia lebih baik dibandingkan dengan di luar negeri, misalnya Jepang yang justru terus mengalami penurunan.

Pada Mei ini, Daihatsu yang biasanya setiap tiga bulan meninjau harga produknya, tidak menaikkan harga. Dijelaskan pula, meski sekarang ini rupiah menguat, mencapai Rp 10.500 per dollar AS, tidak ada penyesuaian harga baru. Pasalnya, “Kita masih menggunakan nilai tukar Rp 10.000 per dollar AS,” ucap Amelia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com