Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Motor Injeksi Masuk Indonesia?

Kompas.com - 08/04/2009, 08:11 WIB

KOMPAS.com — Pada pameran motor di Bangkok (International Bangkok Motor Show) lalu, kendaraan yang dipajang dan belum diluncurkan di Indonesia ada jaminan bisa dirasakan di Tanah Air. Biasanya, dalam hitungan bulan, motor itu sudah ada di dealer di Indonesia.

Kebanyakan roda dua yang dipamerkan sudah menganut sistem injeksi. Itu termasuk Yamaha Spark 135i dan Suzuki Skydrive, yang diluncurkan sebelum IBMS masih mengandalkan karbu. Kecuali, Honda, yang memperkenalkan Scoopy 50 cc, sudah injeksi.

Di Indonesia, sebenarnya sudah ada Honda Supra X125 PGM-Fi, Yamaha V-ixion, dan Suzuki Shogun 125 Fi. Untuk Yamaha Spark 135i, di Indonesia dengan jenis Jupiter MX135LC. "Kita siap aja. Tapi konsumen belum siap menambah duit untuk beli bebek injeksi," tegas Dyonisius Beti, Wakil Presiden Direktur PT Yamaha Kencana Motor Indonesia, Jakarta.

Menurut Darmawan Edi Tjahjono, Marketing Manager PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), enggak gampang menjual motor dengan injeksi. Butuh waktu. Pabrikan bisa saja memasukkan motor injeksi, asalkan konsumen sudah paham betul kebutuhan fuel injection.

Sementara itu, pihak PT Astra Honda Motor (AHM), selaku pemegang merek motor Honda di Tanah Air, mengaku belum ada rencana memasarkan skubek 50 cc injeksi. "Memang, pasar skuter bebek di Indonesia lagi naik," papar Johannes Loman, Direktur Marketing PT AHM. (Niko)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com