Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hummer H3 dengan Velg Terbesar, Justru Bukan di Jakarta

Kompas.com - 31/03/2009, 17:13 WIB

KOMPAS.com — Pernahkah jumpa Hummer H3 pakai ban 26 inci di Jakarta? Atau mungkin di kota-kota besar seperti Surabaya, Bandung, Makassar, atau Medan. Kalaupun ada, Hummer menggunakan yang 24 inci, dan itu sudah tergolong besar.

Anda pasti tidak menyangka kalau di kota Palu, Sulawesi Tengah, ada Hummer H3 dengan keempat roda pakai velg 26 inci. Bahkan, mobilnya sendiri produksi tahun 2009. Lebih tidak percaya lagi, pemiliknya Nendra Haddado berusia 22 tahun. Selain anak seorang pengusaha, ia menjabat bendahara HIPMI cabang Palu.

Nendra terobsesi pakai velg 26 inci karena di kotanya, yang terkenal dengan makanan Kaledo, sedang terjadi persaingan aplikasi velg besar. Uniknya, rim merek Revolution Lace di kolong Hummer yang dipesan dari Amerika ini memiliki blank PCD. Maksudnya, belum disediakan lubang bautnya.

Wibowo Santoso, bos Permaisuri Ban, menegaskan, pabrikan sangat menjamin bagian velg retak atau pecah kala dibuat lubang. Dan, untuk Hummer milik Nendra ini, PCD-nya didapat 6 x 139,7 dengan offset 35 mm. Harga velg itu Rp 135 juta.

Tampilan velg kian manis dengan jari-jari, meski sebenarnya bukan jari-jari dan punya kelebihan yang memiliki 5 tampilan berbeda. Caranya, dengan menyusun bilah-bilah sesuai selera. Kemudian, kalau mau lebih kreatif, bilah-bilah dikasih warna.

Untuk mesin Vortec di Hummer, tenaga standar 220 hp dirasa sudah cukup. Interior pun tak ada yang diusik. (Rudy) 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com