Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New Proton Saga, Sedannya Anak Muda

Kompas.com - 19/03/2009, 17:39 WIB

KARAWACI, KOMPAS.com — Krisis ekonomi global yang sedang melanda dunia membuat masyarakat harus selektif dalam memilih kendaraan. Tampaknya, PT Proton Edar Indonesia (PEI) jeli menangkap peluang itu dengan menyodorkan New Proton Saga sebagai pilihan alternatif.

"Justru, dalam kondisi krisis seperti sekarang inilah menjadi tantangan bagi Proton. Makanya, kenapa dalam peluncuran ini kami sebut 'Meet The Hardworking Sedan'," ungkap Ricky H K Too, President Director PT Proton Edar Indonesia, di sirkuit Lippo Karawaci, Tangerang, Kamis (19/3). Selain itu, lanjut Ricky, Proton Saga ini merupakan produk pertama sedan nasional Malaysia.

New Proton Saga masih tetap mengandalkan mesin 1.300 cc yang mempunyai keunggulan teknologi dari Lotus. Dari segi desain pun, sedan ini menunjukkan perubahan dengan membidik ke arah anak muda dan keluarga muda. "Di Indonesia, Hardworking Sedan Proton sudah teruji keandalannya," ungkap Fransisco Sirait, Division Head National Sales PT PEI.

Dalam penjelasan produk, Fransisco mengatakan kenapa Proton tetap mengandalkan mesin 1.300 cc. Ia mengatakan, sedan Proton ini jangan dilihat kapasitas mesinnya saja. Selain menyodorkan teknologi, untuk mesin yang segitu, dengan tenaga 94 hp sudah termasuk besar.

"Selain itu, salah satu keunggulan Proton Saga baru ini ada pada stabilitas. Stabil saat kecepatan tinggi maupun manuver di tikungan. Ini berkat adanya teknologi dari Lotus," papar Fransisco.

Untuk membuktikan semua itu, para wartawan ikut dalam kendaraan yang dikemudikan peslalom nasional Didi Hardianto, James Sanger, dan si kembar Anggana melakukan manuver balik arah 360 derajat di pit lane sirkuit. Ketika harus membalik 180 derajat, tenaga lumayan bisa didapat.

Adanya tenaga karena pada dapur pacu 1.300 cc, Campro telah dipakaikan Integrated Air Fuel Module (IAFM) yang bisa mendongkrak tenaga, tetapi efisien dalam pemakaian bahan bakar.

Soal harga, Proton Saga baru ini dibanderol Rp 115 juta transmisi manual, sedangkan yang matik Rp 125 juta. Dari sisi harga dan model, Proton bertempur dengan produk Korea, Hyundai Avega 1.500 cc.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com