Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siap Meluncurkan Skubek Dynamatic

Kompas.com - 19/03/2009, 09:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar akhir Maret atau awal April, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), selaku ATPM sepeda motor Suzuki, akan meluncurkan produk barunya. Sinyal ini dimunculkan ketika berlangsung pameran Jakarta Motorcycle Show 2008, Desember, di JCC, Jakarta. Tanda lain tersirat melalui kalender 2009 terpampang gambar dengan nama Skydriver dan Dynamatic.

Kala di pameran JMS 2008, di stan Suzuki terpajang motor SD-01 dan 02 yang masih konsep beerbentuk skubek. Kompas.com pun mendapat bocoran dari orang dalam Suzuki, dikatakan skubek itu calon pengganti Skywave. Perihal nama Skydrive dan Dynamatic, "Kedua nama tetap dipakai. Dynamatic sebagai nick name alias julukan," tegas Edi Darmawan, Manager Marketing PT SIM.

Tampaknya, nama Skywave bakal tersingkir. "Dynamatic bermakna dinamis dan otomatis. Lebih sip dan mudah diucapkan," lanjut Edi. Lalu, gambar yang di kalender, menurut Edi, adalah Suzuki Skydrive versi Thailand yang pakai sistem injeksi. Adapun produk yang di Indonesia masih mengandalkan karburator. "Harganya antara Rp 13 juta dan Rp 14 juta-an, sedikit di bawah Skywave," bocor Edi.

Perbedaan lain, bisa dilihat pada dek atau tempat tumpuan kaki pengendara yang rata alias tidak memiliki pemisah seperti Skywave. Lalu, shockbreaker belakang tunggal seperti skubek.

Minerva MadAss XX125
Kabar dari PT Minerva Motor Indonesia (MMI), lepas pertengahan Maret, mereka akan meluncurkan versi baru, Sachs MadAss 125. "Pengembangan dari versi terdahulu yang diluncurkan tahun lalu," jelas Eddy Susanto, Marketing Manager MMI.

Perbedaan mencolok tampak pada shockbreaker depan. Jika versi sebelumnya teleskopik, yang baru ini upside down. Penggunaan shockbreaker tipe ini, menurut Eddy, lebih nyaman dikendarai.

Yang lainnya, diameter velg dinaikkan 1 inci menjadi 17 inci. Kemudian, penambahan multifunction pillon rider semakin mempermudah pengendara untuk meletakkan dan mengikat barang bawaan. Motor ini juga dilengkapi dengan oil cooler dan ditawari dengan harga sekitar Rp 16,9 juta. (RZ-1, Hend)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com