Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Ban Mobil Diisi Nitrogen dan Angin?

Kompas.com - 19/03/2009, 07:15 WIB

KOMPAS.com — Ketika ditampilkan tulisan soal isi ban angin dengan nitrogen, banyak pertanyaan dilayangkan ke redaksi. Di antaranya, apakah semua ban bisa diisi nitrogen? Dari sekian banyak, ada 4 hal yang bisa jadi bekal pemilik mobil ketika sudah mengisinya.

1. Adakah nitrogen palsu?
Ada! Tidak murni nitrogen karena dicampur angin biasa. Efeknya akan terasa ketika peningkatan tekanannya berlangsung cepat. Sebaiknya, acap lakukan pengecekan pada ban dan tingkatkan kepekaan pengemudi terhadap karakter ban yang dipakai, baik sebelum, maupun sesudah diisi nitrogen. Walau kecil, bisa dirasakan perbedaannya.

2. Bagaimana perawatan yang benar untuk ban sudah bernitrogen?
Tidak ada perawatan secara khusus. Namun, yang perlu dilakukan, jaga tekanan angin dengan mengontrol pakai alat tekanan yang banyak dijual di toko aksesori. Bisa dua atau tiga hari sekali, sesuai dengan mobilitas dan kondisi jalan.

3. Apakah ban tebal dan tipis bisa diisi nitrgen?
Pada dasarnya, semua jenis ban radial bisa memakai nitrgoen. Termasuk jenis yang tipis, maupun tebal. Sebagai informasi saja, khusus ban tipis, elastisitasnya berkurang lantaran dindingnya yang tipis, maka sangat membantu jika diisi nitrogen.

4. Jika sudah memakai nitrogen lantas ingin balik ke angin, apakah perlakuannya sama?
Bisa langsung dicampur saja dengan angin biasa, tanpa harus dikuras dulu, seperti ketika perlakukan dari angin diganti dengan nitrogen. (diesta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com