Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna-warni Atribut Kampanye

Kompas.com - 16/03/2009, 13:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bawa poster dan spanduk waktu kampanye? Ah basi, ungkap salah satu simpatisan partai yang datang dalam Deklarasi Kampanye Damai di Hall D2 Arena PRJ Kemayoran Jakarta, Senin (16/3). 

Wajah Deklarasi Kampanye Damai kali ini diwarnai sejumlah atribut lain yang menarik, mulai dari payung, helm, ikat kepala dengan bentuk lambang partai, hingga selempang khas Putri Indonesia.  

Partai Persatuan Daerah (PPD) datang dengan membawa payung sesuai dengan lambang partainya. Menurut Wakil Ketua PPD DKI Jakarta Amirullah Kadir, payung memiliki makna tersendiri bagi mereka. "Payung melambangkan bahwa PPD menaungi aspirasi semua daerah," ujarnya. 

Di sisi lain, tampak simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), khususnya tim sukses salah satu caleg DPR RI, yang datang dengan helm berwarna merah bergambar kepala banteng. 

Menurut salah satu simpatisan yang bernama Bang Kenon dari Mangga Dua Selatan, helm ini merupakan atribut gratis yang dibagi-bagikan untuk masyarakat di wilayah Sawah Besar. "Jadi sekalian mengampanyekan tertib lalu lintas," ujar Bang Kenon. 

Sementara itu, terlihat pula atribut unik lainnya, seperti ikat kepala dengan aksesori bantalan yang berbentuk lambang partai milik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan selendang ala Putri Indonesia milik Partai RepublikaN. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com