Selasa, 21 Oktober 2014

Otomotif


Qazana, X-over Kompak Andalan Terbaru Nissan

Penulis: Zulkifli BJ | Kamis, 05 Maret 2009 | 12:13 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : www.bart.ia/flickr.com

    Qazana, Crossover kompak yang sangat menarik di Geneve Motor Show. Diproduksi tahun depan.

  • Sumber : - | Author : Nissan Motor

    Dashboard dan interior Qazana menarik dengan warna cerah yang bergairah. Desain konsol boks tengah mirip dengan tangki bensin dan sadel sepeda motor sport.

  • Sumber : - | Author : Nissan Motor

    Penampilan Qazana yang sangat menarik dengan konsep desain baru.

  • Sumber : - | Author : Nissan Motor

    Lampu belakang, berbentuk foomerang, diadopsi dari 370Z.

Salah satu mobil konsep Nissan yang paling menarik dan saat ini mejeng di Geneva Motor Show adalah Nissan Qazana. Sebuah x-over terbaru Nissan berukuran kompak.

Hebatnya lagi, menurut Carlos Tavares, Executive Vice President Nissan Motor, Qazana segera diproduksi tahun depan, pada pabrik mereka di Sunderland, Inggris. Bagi mereka yang sudah “kesengsem” dengan Qazana tidak harus menunggu terlalu lama.

Eksterior. Ukuran Qazana yang kompak dapat dilihat dari dimensinya: panjang 4.060 mm, tinggi 1.570 mm, lebar 1.780 mm, dan jarak sumbu roda 2.530 mm. Juga lebih tinggi dan tentu saja cocok buat kondisi jalanan Indonesia, yang sering rusak atau dilanda banjir.

Hebatnya lagi, x-over ini menggunakan velg 20 inci yang membuatnya tampak gagah, maskulin, kekar, dan tentu saja,  “hhhmmm..,.” ingin segera memilikinya.

Menurut Nissan, dengan postur lebih tinggi, beberapa aspek penting dari mobil, misalnya suspensi, “langkah” dibuat lebih panjang. Dengan demikian, roda dijamin tidak akan menghantam fender dan relatif nyaman selama menerabas jalan yang penuh dengan “ajrut-ajrutan”.

Dari samping, sosok Qazana mirip dengan coupe. Pintunya berkesan hanya dua. Kenyataannya, setiap sisi punya dua pintu. Pintu depan membuka ke arah depan, sedangkan belakang, mengayun ke arah belakang. Pintu tidak bisa dibuka secara manual atau mekanis, tetapi menggunakan tenaga listrik. Menurut Nissan, demi keamanan, pintu belakang baru bisa dibuka bila depan terbuka.

Sosok dan penampilan Qazana sangat menarik. Selain catnya, disebut Nissan Putih Titanium dan membuatnya makin keren, dari samping posturnya mirip mobil coupe.

Ketika kedua pintu samping dibuka secara bersamaan, tersingkaplah interior yang dengan wajah yang menggoda dan menggairahkan. Pengemudi dan penumpang bisa masuk dengan mudah dan disambut dengan kehangatan penampilan interior.

Diilhami sepeda motor. Melihat interior lebih seksama, rasa kagum dipastikan muncul. Bukan hanya pada keberanian desainer Nissan Eropa memilih warnanya, melainkan juga konsep desainnya.

Kombinasi dasbor, konsol tengah tempat tongkat pemindah gigi, mirip dengan postur sepeda motor sport. Tak hanya desain, kombinasi materi untuk menampilkan bentuk sepeda motor juga diusahakan sama. 

“Rasa mekanis interior, bentuk konsol boks dan tatakan tangan diilhami dari tangki bensin dan jok sepeda motor sport,” jelas Paul Ray, Senior Interior Desainer Nissan Eropa tentang desain interior mobil ini. “Sensasi naik motor dipindahkan ke Qazana,“ tambahnya.  

Konsep baru lain yang diaplikasi pada Qazana adalah jok “mengapung”. Jok tidak langsung dipasang pada lantai.

Dasbor didominasi oleh layar monitor yang dipasang di tengah. Di antaranya adalah dua layar navigasi, yang memberikan informasi penting tentang all mode AWD yang dikontrol secara elekronik dari mobil ini.

On-road & Off-road. Dengan ukurannya yang kompak, Qazana ideal untuk pemakaian dalam kota. Di lain hal, dengan spesifikasi mutakhir dan penampilan yang energik juga bisa buat petualangan ke tempat dengan jalanan tidak beraspal.

Crossover ini bisa dibawa ke pantai, off-road, atau menelusuri perkampungan. Menurut Nissan, Qazana adalah hasil perkawinan SUV dan mobil sport. Ternyata, selain diilhami oleh sepeda motor, Qazana juga mengadopsi karakter kendaraan buggy yang banyak digunakan di pantai dan padang pasir.

Dengan ini, Qazana diarahkan kepada konsumen yang membutuhkan satu kendaraan dengan berbagai kemampuan, on-road dan off-road.

Elemen Bulat. Qazana banyak menggunakan rancangan dengan elemen bulat, seperti Murano dan Qashqai. Hal tersebut dapat dilihat pada lengkungan fender ban dan kap mesin. Ciri yang masih dipertahankan di bagian belakang yang juga digunakan pada Murano dan Qashqai adalah kaca belakang yang tinggi.

Ciri khas Nissan lainnya adalah lampu belakang berbentuk “bumerang” yang digunakan 370Z.

Wajah Qazana didominasi dengan empat lampu depan. Dua lampu bulat berada di bumper plus sepasang lampu siang model strip yang berada di spoiler atas. Lampu lainnya berada di samping kap mesin.

Bagi Nissan, Qazana adalah solusi radikal untuk menentukan tipikal produk yang cocok bagi konsumen mereka di masa mendatang! *


Editor :